Punya Tampilan Lebih Sporty, Begini Sejarah Varian RS Pada Mobil Honda

AFTERMARKETPLUS.id – Mobil-mobil Honda dikenal dengan karakter tampilan dan performa yang sporty, hal itu tentu tak luput dari sejarah panjang dalam dunia balap.

Yulian Karfili selaku Public Relation Manager PT Honda Prospect Motor (HPM) mengatakan, mobil Honda itu punya arahan untuk mobil-mobil yang karakternya adalah sport.

“Semua mobil Honda itu karakter dasarnya sport karena DNA-nya sendiri adalah racing. Tapi ada beberapa varian yang memiliki karakter sport,” terang Yulian di Jakarta (19/2).

Ia mencontohkan, seperti varian Type-R yang menurutnya lebih mengarah pada yang sifatnya pure sport, jadi ada tuning dan spesifikasi khusus sampai mesinnya.

“Lalu ada juga yang dikenal SI (Sport Injection), dan satu lagi adalah RS (Road Sailing),” ujarnya.

Berbicara soal varian RS yang berarti Road Sailing, merupakan salah satu varian dari “Sports Grade Direction” untuk produk Honda yang mengutamakan pengalaman “Everyday Sport” yang menyenangkan dan dinamis dengan desain tampilan yang lebih sporty.

Honda pertama kali memperkenalkan varian RS secara global pada Honda Civic generasi pertama. Model ini dirilis sebagai varian eksklusif, yang hanya diproduksi sebanyak 20.000 unit dalam periode 1974 sampai dengan 1975.

Saat ini terdapat 9 model secara global yang memiliki varian RS, yaitu Jazz atau Fit (mulai tahun 2007), Mobilio (2014), Jade (2015), Brio (2016), HR-V (2019), Civic Sedan (2019), Civic Hatchback (2020) dan City (2020).

Sedangkan untuk pasar Indonesia, PT HPM mulai memperkenalkan varian RS pada Honda Jazz generasi kedua pada tahun 2008.

Lalu pada tahun 2014, HPM kembali
menambahkan varian RS pada Honda Mobilio dan diikuti oleh Honda Brio RS yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2016.

Melengkapi keluarga RS pada segmen Hatchback, pada 6 Februari 2020, HPM memberikan emblem RS pada New Honda Civic Hatchback bagi para konsumen loyal Honda yang menginginkan tampilan yang lebih sporty dan stylish.

Varian RS dihadirkan untuk memenuhi kebutuhan fungsional dari sebuah mobil, tetapi juga gaya tampilan yang lebih mewakili gaya hidup konsumennya serta performa yang mendukung beragam aktivitas.

Untuk itu, varian RS menjadi grade teratas untuk beberapa model dengan menghadirkan bukan hanya tampilan yang lebih sporty, tetapi juga fitur dan teknologi yang lebih lengkap dari grade lainnya.

[MNR]

About pekik udi irianto 1424 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present