Rudy Chen: Kesadaran Masyarakat Soal Asuransi Kendaraan Masih Rendah

Foto: aftermarketplus.id

AFTERMARKETPLUS.id – Penjualan mobil nasional pada Juli dan Agustus 2019 meningkat sebanyak 1,298 kendaraan menjadi 90,4 ribu. Jumlah tersebut bedasarkan data Gaikindo mengenai penjualan dari pabrikan ke diler yang diolah Astra. Meski penjualan selalu meningkat, tingkat kesadaran beli asuransi kendaraan masih rendah.

Hal tersebut disampaikan oleh Rudy Chen, Chief Executive Officer Asuransi Astra. Ia menjelaskan bahwa asuransi dibeli masyarakat karena ia juga membeli mobil tersebut secara kredit atau mencicil, satu paket bersama dengan kendaraan.

Baca juga: https://aftermarketplus.id/aktual/garda-mall-hadir-penuhi-semua-kebutuhan-pemilik-kendaraan.

“Pasar sekarang itu mungkin 60-70% masih nempel leasing. kalau beli kredit kan mau gak mau mesti asuransi,” tutur Rudy kepada aftermarketplus.id (19/09/2019).

Ia juga memberikan penjabaran bahwa saat masyarakat membeli kendaraan secara kredit, tentu bisa langsung dirasakan karena kendaraan bisa dipakai dan dibawa pulang.

Berbeda halnya dengan membeli asuransi, baru terasa saat masyarakat mengalami kejadian kecelakaan, mulai dari goresan di bodi, penyok terkena benturan atau lebih parah lagi.

“Jadi pola pikirnya mungkin belum sampai sana, mungkin kebutuhan orang berbeda-beda. Begitu juga dengan prioritas, bisa jadi prioritas belum sampai sana. Ketika belum sampai sana, berhubungan dengan daya beli juga kan,” papar Rudy.

Lebih lanjut, pria yang telah menyelesaikan S2 Master of Applied Finance di University of Melbourne ini mengatakan masyarakat yang membeli mobil secara cash pun tidak serta merta langsung pula membeli asuransi.

Selain sistem pembelian cash tidak satu paket yang juga membeli asuransi, Awarness masyarakat masih terbilang rendah. Tidak selalu yang membeli cash itu dikategorikan mampu dan peduli akan asuransi.

Rudy mengatakan, untuk segmentasi menengah kebawah masih banyak pertimbangan apakah perlu pembelian asuransi. Itu juga mengapa hanya sedikit persentase yang membeli mobil secara cash.

Bedasarkan pantauan aftermarketplus.id, Asuransi Astra mempunyai konsumen sebanyak 400 ribu yang tersebar di seluruh Indonesia.

Untuk meningkatkan pelayanan dan memberikan edukasi yang maksimal, dihadirkannya aplikasi Garda Mobile Otocare 5.0 yang memberikan kemudahan tidak hanya untuk asuransi, namun juga transaksi pembelian produk otomotif lain, seperti keuangan Astra Financial hingga lapak jual beli mobil bekas.

[Sigit Akbar]