Rupiah Melemah. Ini Cara Toyota Motor Manufacturing Indonesia Bantu Pemerintah Dengan Ekspor Mobil ke-80 Negara Di Dunia

Foto: aftermarketplus.id

AFTERMARKETPLUS.id – “Ada dua hal yang penting dalam memperbaiki ekonomi negara, yakni ekspor dan investasi. Kedua aspek ini ada di PT Toyota Motor,” buka Presiden RI, H Ir. Joko Widodo saat berpidato di acara Realization Over 1 Million CBU Export di Tanjung Priuk, Jakarta (5/9).

PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) menandai pencapaian kegiatan ekspor mobil dalam bentuk utuh, alias CBU yang telah mencapai lebih dari 1 juta unit selama lebih dari 30 tahun.

Pertama kali, Toyota melakukan ekspor pada tahun 1987 ke Brunei Darusalam. Toyota Kijang generasi ketiga atau lebih dikenal dengan Kijang Super menjadi produk pertama yang diekspor oleh Toyota Astra Motor dengan jumlah 50 unit per bulan.

“Saat ini, TMMIN telah mencapai angka 1,4 juta mobil dalam bentuk utuh yang telah di ekspor ke-80 negara di dunia. Dengan kandungan lokal konten berada di angka 75-94%,” terang Airlangga Hartarto selaku Menteri Perindustrian.

Belum lagi dengan nilai investasi Toyota . “Tiga tahun lalu – 2015 – saya telah bertemu dengan Mr. Toyoda di Jepang, beliau menyampaikan akan meningkatkan nilai investasi di Indonesia. Angka Rp 22,7 Trilyun merupakan sebuah jumlah yang besar,” tambah Jokowi.

Investasi dalam jumlah besar, volume ekspor mobil dalam bentuk utuh meningkat dan kandungan lokal konten hingga 94%, menjadi bukti nyata Toyota turut menguatkan fundamental ekonomi Indonesia.

“Merupakan sebuah kebanggaan bagi kami untuk bisa memberikan sumbangsih nyata bagi perkembangan industri otomotif Indonesia melalui kegiatan ekspor. Kami memaknai capaian ini sebagai pemicu semangat untuk bisa meningkatkan performa ekspor sehingga dapat membantu peningkatan devisa negara di sektor otomotif. Kami juga mengucapkan terimakasih atas dukungan pemerintah Indonesia sehingga capaian ini bisa terwujud dengan baik. Kami berharap dukungan ini semakin besar sehingga performa ekspor ke negara-negara tujuan yang sudah eksis dapat ditingkatkan serta perluasan ke negara-negara tujuan baru dapat dilaksanakan,” tutup Warih Andang Tjahjono, Presiden Direktur TMMIN.

[Dhany Ekasaputra]

About Dhany Ekasaputra 137 Articles
Experience 1. Racing Driver (1999-2002) 2. Testing Driver, e.g : Lamborghini Aventador, Lamborghini Gallardo, Lotus Elise, Nissan GT-R, Nissan Juke R, McLaren 650 S, etc (2001-2015) 3. Journalist Otosport (2001-2003) 4. Journalist Auto Bild Indonesia (2003-2009) 5. Technical Editor Auto Bild Indonesia (2009-2015) 6. Instructor Safety Institute Indonesia (2014-2016) 7. Operational Manager PT OtoMontir Kreasi Indonesia (2015-2017) 8. Managing Editor aftermarketplus.id (2017- )