Sejak Diluncurkan, New Avanza dan New Veloz SPK Tembus Lebih dari 16 Ribu Unit

Foto: Istimewa

AFTERMARKETPLUS.id – Kehadiran New Avanza dan New Veloz yang telah mengalami penyempurnaan dari model sebelumnya, mendapat sambutan yang antusias dari konsumen seperti terlihat dari besarnya Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) yang sudah menembus angka 16.000, terhitung sejak Januari lalu.

Tercatat, sampai akhir februari lalu (28/02), SPK untuk Avanza dan Veloz sudah mencapai 16.325 unit. Angka ini jauh di atas rata-rata penjualan bulanan pada 2018 lalu sekitar 7.000 unit.

“Kami bersyukur, minat masyarakat untuk memiliki mobil New Avanza & New Veloz tetap tinggi hal itu terlihat dari total SPK yang tercatat sejak januari lalu. Terima kasih atas kepercayaan dan kesetiaan pelanggan terhadap produk Toyota Avanza. Kami akan berusaha semaksimal mungkin agar masyarakat yang sudah memesan bisa segera merasakan berkendara bersama New Avanza & New Veloz,” ungkap Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor.

Sebagian besar yaitu 64% dari SPK tersebut berasal dari pemesanan untuk Avanza dan sisanya berasal dari pemesanan Veloz. Sementara itu engine 1.300 cc menjadi pilihan terbanyak konsumen pemesanan Avanza dan Veloz sebanyak 73% dan sisanya 27% memilih kapasitas engine 1.500 cc.

Besarnya minat konsumen ini membuat penyerahan (delivery) mengalami indent rata-rata selama 1-1,5 bulan. Jangka waktu indent ini tidak sama di setiap daerah, tergantung stock yang tersedia. Untuk wilayah DKI dan Jatim misalnya, indent sekitar 1 bulan, kemudian Jawa Tengah rata-rata 2,3 bulan.

SPK terbesar berasal dari wilayah Jabodetabek yang mencapai 37%, kemudian, Sumatera Utara 12%.

Sejak kehadirannya di pasar awal 2004, Avanza berhasil tercatat menjadi mobil terlaris dan terus bertahan sampai saat ini. Total penjualan mobil ini sudah mencapai lebih dari 1,7 juta unit, dan Avanza juga tercatat memegang rekor sebagai kendaraan yang tercepat mencapai angka penjualan di atas 1 juta unit.

Kehandalan daya tahan (durability) yang sudah teruji selama ini menjadi salah satu selling point yang kuat pada Avanza-Veloz. Ini tentunya tidak terlepas dari desain kendaraan yang memang sedari awal disiapkan sebagai sebagai real MPV bagi keluarga Indonesia.

[MNR]

About pekik udi irianto 2282 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present