Sebelum Rilis All New Camry, Ternyata Toyota Studi Produk Selama 3 Tahun

Foto: aftermarketplus.id

AFTERMARKETPLUS.id – PT Toyota Astra Motor (TAM) akhirnya memperkenalkan generasi terbaru dari sedan andalannya, yakni All New Camry. Mobil tersebut merupakan kali kedelapan setelah 8 tahun dari generasi sebelumnya tahun 2011.

Menurut Anton Jimmi Suwandi, Direktur Marketing TAM mengatakan Camry terbaru ini mempunyai banyak perubahan dari model sebelumnya. Mulai dari Interior, eksterior hingga menggunakan platform Toyota New Generation Architecture (TNGA).

Berbagai perubahan tersebut dilakukan Toyota agar sedan yang telah terjual lebih dari 31 ribu unit sejak 1982 ini semakin lincah, optimal dari stabilitas hingga visibilitas.
Namun, tahukah After Marketers bahwa studi dan survei hingga munculnya Camry generasi terbaru ini membutuhkan waktu 2-3 tahun?.

“Tentunya, setiap mobil dengan model baru atau yang akan didevelop perlu beragam studi dan survei. Bagaimana kondisi produk, demand baru seperti apa. Untuk model yang baru, bisa membutuhkan waktu penelitian hingga 3-4 tahun. Sedangkan jika pengembangan produk, seperti Camry contohnya berkisar 2-3 tahun,” ujar Anton kepada aftermarketplus.id saat ditemui di Kuningan, Jaksel (8/1/2018).

Ia juga melanjutkan, studi lebih dalam mengenai produk, seperti berbagai fitur yang dibutuhkan, aspek safety, mesin, survei ke konsumen hingga membaca mapping dari kompetitor.

Anton mencontohkan, pemilihan warna merah untuk All New Camry ini bisa mewakili dari prestis, elegan juga sporty. Sedangkan pada warna hitam, Toyota mempunyai tren warna hitam baru yang diterapkan pada Alphard dan Vellfire.

“Hitamnya mempunyai semu yang ada metaliknya sendiri, seperti 2 tone dan konsumen suka,” tambahnya.

Lebih lanjut, meski pengguna sedan premium kelas eksekutif ini rata-rata berumur 40 tahun keatas, ia berharap diumur 30-35 tahunan eksekutif muda turut melirik mobil tersebut.

Dari aspek lainnya, Anton memisalkan All New Camry ini dipasangkan baterai hybrid generasi keempat. Sehingga kenyamanan dari sisi akselerasi juga lebih baik. Dari garansi, Pria berumur 42 tahun ini mengatakan, Toyota menjamin Warantty baterai hingga 5 tahun. Lama warantty ini bertambah yang sebelumnya hanya 3 tahun.

“Development toyota untuk baterai Hybrid sangat serius, pengalaman saya di kantor TAM usia baterai pada mobil saat ini 8 hingga 10 tahun masih berfungsi dengan baik. Selama rutin servis dan membersihkan filter untuk baterai,” tutup Anton.

Penulis: Sigit Akbar

About pekik udi irianto 1015 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present