SUZUKI SWIFT SPORT TERBARU SIAP CURI PERHATIAN PECINTA HATCHBACK DI FRANKFURT MOTOR SHOW 2017

Foto: Istimewa

MANCANEGARA, AFTERMARKETPLUS – Di ajang Frankfurt Motor Show 2017 yang akan berlangsung mulai 14 September 2017 ini di Kota Frankfurt, hatchback terbaru Swift Sport hampir bisa dipastikan akan tampil menjadi ikon di booth Suzuki.

Frankfurt Motor Show 2017 menjadi debut perdana hatchback 5 penumpang ini secara penuh dan siap bersaing dengan rivalnya, Ford Fiesta ST.

SW 2Suzuki Swift Sport hadir dengan tambahan turbo pada mesin Booster Jet 1,4 liter empat silindernya. Ini adalah mesin yang sama seperti dipasang di Suzuki Vitara S. Saat disematkan di Swift Sport, mesin ini mampu menghasilkan tenaga puncak 138 bhp dan torsi tertinggi 230 Nm yang disalurkan ke roda depannya sebagai penggerak melalui transmisi enam percepatan manual.

Transmisi ini sama seperti yang dipasang di Swift yang sekarang beredar namun dengan penyempurnaan untuk menambah kelembutan saat dioperasikan. Dengan tenaga maksimum hanya 138 bhp, Swift Sport terasa lebih kurang bertenaga jika dibandingkan rival-rivalnya yang memiliki tenaga maksimum 200-an bhp.

Meski begitu Suzuki Swift Sport memiliki bobot lebih ringan, hanya 980 kg berat kotornya atau 80 kg lebh ringa dari Swift Sport versi sebelumnya. Selain performa, Suzuki juga melakukan penyempurnaan pada suspensinya. Tinggi mobil dari permukaan tanah dibuat 15 mm lebih ceper dari versi terdahulu.

Kombinasi mesin yang responsif dan bodi yang lebih ringan dan kompak membuat Swift Sport terbaru asyik diajak bermanuver di jalanan perkotaan maupun saat diajak pelesir ke kawasan pedesaan.

Dari sisi eksterior, Suzuki banyak melakukan revisi atau pembaruan pada sisi front end menjadi lebih besar, dan terlihat lebih agresif di bagian bumper. Gril depan juga mengalami revisi, begitu juga pada bagian splitter untuk mendapatan desain hidung yang terlihat lebih sporty.

SW 3Di bagian ekor, difusser hitam sporty disematkan di Swift Sport sebagaimana juga terdapat di Swift Sport edisi sebelumnya.

Di bagian kabin, Suzuki melakukan penyempurnaan dengan menghadirkan jok bernuansa balap, lingkar setir yang bagian bawahnya sengaja dibuat sedikit gepeng, dan aksen trim merah di beberapa bagian.

Untuk fitur hiburan, Suzuki menyematkan fitur layar sentuh 4,2 inch, bluetooth phone dan streaming musik, Apple CarPlay dan Android Auto. Mobil ini diperkirakan akan dilepas di harga jual sekitar 16.000 euro dan akan mulai tersedia di jaringan diler di Eropa sekitar musim panas 2018. [Egi Yudhistira]