TIGA HONDA BRIO DENGAN GAYA BERBEDA DI HONDA JAZZ BRIO TUNING CONTEST 2017

Foto: aftermarketplus.id

JAKARTA, AFTERMARKETPLUS.ID – Perhelatan Honda Jazz Brio Tuning Contest (JBTC) 2017 berlangsung semarak dengan menyisakan 20 finalis yang terbagi atas 10 Honda Brio dan 10 Honda Jazz terpilih. Semua kontestan tampil maksimal, tidak terkecuali dengan 3 Honda Brio beraliran berbeda ini.

JBTC 31. Honda Brio bergaya Drag Race

Jangan sepelekan Honda Brio berkelir putih mutiara satu ini. Pasalnya jantung pacu Brio hasil ugrade bengkel Supernova, Kalimalang, Jakarta Timur sudah mengganti mesin Brio standar menggunakan mesin L15a yang tak lain milik Honda Jazz.

Hebatnya lagi demi memompa performa maksimal, mesin 1.500 cc 4 silinder digenjot lagi hingga jadi 1.700 cc. Tak ayal Brio Supernova diklaim punya keluara tenaga 200 dk dan torsi 200 Nm.

Selain tampilan apik, tidak heran jika mobil ini juga digunakan di arena drag race. Tepatnya untuk main di kelas 201 m sama 402 m.

Itu sebabnya penggantian kompenen di sektor mesin banyak dilakukan muali penggunaan piston dan crankshaft MRX, cylinder head kastme dan ubahan di ECU yang menggunakan Monsoon link G4+. Mobil ini juga mengganti transmisi menggunakan close ratio gear 1-5 buatan Supernova dikombinasi Mfactory limited slip differential.

JBTC 12. Honda Brio Bergaya Elegan

Berbeda dengan Honda Brio Supernova, Brio kepunyaan Ricky ini memilih gaya elegan hingga tampil lebih mewah. Paling nyentril tentu saja penggunaan warna bodi White Pearl dengan tambahan clear coat besutan Sikken.

Sementara sentuhan airbrush dipilih warna kuning emas. Ornamen bodi juga sudah full kastem mulao bumper depan kastem, lip spoiler, sideskirt, dan bumper belakang yang semuanya merupakan keluaran KJS.

Kita juga bisa melihat suguhan gril custom warna emas hingga sisipan ducktail custom yang juga lansiran KJS. Apalagi beberapa bagian mobil ini seperti kap mesin, pintu-pintu yang menggunakan teknologi motorized bertenaga hidrolik.

SEerti bisa dilihat di bagian pintu yang semuanya pakai sensor yang dikontrol lewat smartphone berbasis Android.

JBTC 23. Honda Jazz Rally Look

Berbeda dengan dua mobil diatas, Hendri memilih memodifikasi mobil Honda Brio miliknya bergaya rally look. Dengan konsep tersebut tidak heran jika ubahan di Honda Brio ini tidak sebanyak dua Brio sebelumnya.

Bagian eksterior dibuat simpel dan ditambahkan lampu tembak yang menempel di bumper depan untuk menunjukkan kesan mobil rally. Lampu tembak ini memang menjadi ciri khas pertama yang kelihatan untuk modifikasi rally look. Fungsi lampu ini juga jelas, untuk membantu berkendara di malam hari terutama di saat kabut tebal.

Komponen wajib lain ialah pelek rally. Pelek khusus di Brio ini menggunakan pelek Compomotive Motorsport. Pelek klasik model jaring laba-laba ini dibuag sekitar tahun 1990-an. Desain yang khas membuat pelek dengan nama legkap Compomotive Motorsport tipe TH2 ini masih dicari oleh pehobi maupun pereli.

Ada juga karet spatbor untuk menunjang aktifitas Brio saat melahap medan tanah alias gravel. Jadi kepet atau karet spakbor ini berguna untuk menahan cipratan lumpur yang mental dari ban. [MNR/VM]

About pekik udi irianto 980 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present