Tingkatkan Keselamatan Berkendara, Bridgestone Indonesia Gelar ASEAN Automobile Safety Forum 2018

Foto: Istimewa

AFTERMARKETPLUS.id – PT Bridgestone Tire Indonesia bekerjasama dengan New Car Assessment untuk Asia Tenggara (ASEAN NCAP) mendukung pelaksanaan ASEAN Automobile Safety Forum 2018. Acara ini berlangsung di Proving Ground Bridgestone di Karawang, Jawa Barat (14/11).

Sejalan dengan Misi Keselamatan perusahaan kami “Safety First, Always”, Bridgestone merasa terhormat untuk mendukung ASEAN NCAP bagi Forum untuk lebih memperkuat pentingnya keselamatan berkendara di kawasan Asia Tenggara.

Kolaborasi perdana ini memulai lembaran baru untuk Bridgestone dan ASEAN NCAP untuk bersama-sama mempercepat peningkatan kesadaran keselamatan bagi masyarakat dan lingkungan sekitar.

“Kami sangat senang dapat mendukung dan berpartisipasi di gelaran ASEAN Automobile Safety Forum 2018 ini, yang merupakan saat paling tepat bagi kami untuk menunjukkan komitmen kami terhadap keselamatan berkendara,” terang Akihito Ishii, Presiden Direktur BSIN.

“Di Bridgestone, keselamatan adalah prioritas utama dan karenanya, Bridgestone Indonesia juga selalu berusahan meningkatkan tingkat keselamatan dan kehidupan setiap orang dimanapun mereka berada,” imbuh Akihito.

Kemitraan ini juga melengkapi Kampanye Keselamatan Ban (Tire Safety Campaign) perusahaan, yang telah memasuki tahun ke-10 di tahun 2018 ini.

Kampanye Keselamatan Ban merupakan bagian dari komitmen CSR Global Bridgestone “Our Way To Serve”, yang berfokus pada penyediaan mobilitas yang lebih mudah, lebih aman, lebih lancar, dan lebih mulus untuk meningkatkan cara orang bergerak, hidup, bekerja dan bermain.

Dalam rangkaian acara di Karawang, ASEAN Vehicle Safety Course juga akan diadakan di Proving Ground Bridgestone Indonesia. Ini adalah kali pertama ASEAN NCAP menyelenggarakan Kursus Keselamatan Berkendara, bekerja sama dengan beberapa pemasok teknologi keselamatan kendaraan dan agem pemegang merek mobil.

Tujuan utama kursus adalah untuk menyebarluaskan pengetahuan tentang cedera penumpang yang diakibatkan oleh tabrakan kendaraan dan untuk menginformasikan fungsi-fungsi utama dan fitur keselamatan kendaraan, baik pasif maupun aktif.

Selain itu, kursus ini bertujuan untuk memberikan informasi yang paling akurat tentang fungsionalitas teknologi bantuan keselamatan dan manfaatnya. Selain teori ruang kelas, akan ada demonstrasi teknologi keselamatan kepada para peserta yang terdiri dari media, pejabat pemerintah, akademisi dan LSM keselamatan jalan.

Acara, yang sebagian besar diikuti oleh jurnalis ini, dimaksudkan untuk mensosialisasikan berbagai teknologi di kendaraan yang memaksimalkan tingkat keselamatan, tidak hanya untuk pengemudi dan penumpang, tetapi juga untuk pejalan kaki.

Pada kesempatan ini, Bridgestone Indonesia sebagai mitra keselamatan ASEAN NCAP juga memiliki kesempatan untuk mempresentasikan peran ban dalam keselamatan kendaraan.

Seluruh proses mulai dari fungsi ban pada kendaraan hingga pengaruh tekanan udara, kondisi tapak dan hydroplaning akan dijelaskan kepada para peserta. Selain itu, Bridgestone sebagai salah satu pelopor teknologi ban Run-Flat juga memberikan penjelasan tentang teknologi untuk mengurangi risiko kecelakaan akibat kehilangan tekanan udara pada ban.

Beberapa demonstrasi teknologi fitur keselamatan yang tersedia pada kendaraan bermotor modern, seperti Anti-lock Brake System (ABS), Electronic Stability Control (ESC) dan Blind Spot Monitoring, ditampilkan langsung di sirkuit uji milik Bridgestone Indonesia.

[EYD]