Tips 5 Langkah Pertolongan Pertama Setelah Mobil Terendam Banjir

Foto: Istimewa

AFTERMARKETPLUS.id – Musim hujan telah tiba, beberapa sudut Ibu Kota dan sekitarnya mengalami luapan air atau banjir, banyak kendaraan yang terendam banjir atau bahkan nekat menerobos banjir, akibatnya kendaraan menjadi mogok.

Nah, jika kendaraan Anda sudah terlanjur terendam banjir, mari kita simak 5 pertolongan pertama agar kerusakan kendaraan tidak menjadi fatal.

Baca juga: http://aftermarketplus.id/oto-pintar/serahkan-ke-ahlinya-dan-jangan-langsung-starter-setelah-kendaraan-terendam-banjir

Berikut beberapa tips dan langkah-langkah yang harus dilakukan, menurut Rudy Haryono selaku pemilik bengkel restorasi mesin khusus mobil Eropa di kawasan Tangerang Selatan.

1. PUTUSKAN SISTEM KELISTRIKAN

Hal pertama yang harus dilakukan adalah memutuskan sistem kelistrikan mobil dengan cara melepas kabel penghubung plus dan minus pada aki untuk menghindari korsleting.

2. JANGAN HIDUPKAN MESIN

Jangan coba-coba menghidupkan mesin saat banjir sudah surut. Paling tidak, biarkan mobil mengering dalam waktu 24 jam. Ini berkaitan dengan water hammer yang bisa menyebabkan mesin jebol.

3. JANGAN AKTIFKAN REM PARKIR

Rem Rilis rem parkir atau dalam artian jangan aktifkan rem parkir untuk menghindari kampas rem menempel pada pelat tromol atau cakram. Sebagai gantinya untuk mobil matik posisikan transmisi pada P, sedangkan untuk mobil manual masukan gigi 1.

4. CEK PELUMAS MESIN

Cek kondisi pelumas mesin dengan dipstick guna melihat jejal air pada lubrikasi.

5. FOTO SEMUA SISI KENDARAAN

Jika situasi memungkinkan, sempatkan mengambil gambar dari berbagai sisi kendaraan mobil yang terendam banjir. Hal tersebut berguna untuk bukti dan penguat saat mengajukan klaim asuransi.

Baca juga: http://aftermarketplus.id/aktual/bmw-dan-mini-anda-menjadi-korban-banjir-ini-solusinya

[Firdaus Ali]