JAKARTA, AFTERMARKETPLUS – Toyota masih digdaya dalam memimpin pasar otomotif di Indonesia. ini dibuktikan dengan pertumbuhan penjualan sebesar 19% dengan total penjualan ritel lebih dari 389 ribu unit. Dengan angka ini Toyota berhasil mencapai pangsa pasar atau market share lebih dari 36%.
Predikat sebagai market leader yang disandang Toyota Indonesia setiap tahunnya memang tidak lepas dari komitmen untuk senantiasa menghadirkan produk-produk yang sesuai dengan dinamika kebutuhan masyarakat. Karena itu tak heran, selama lebih dari 4 dekade eksistensi di pasar otomotif nasional, Toyota pun berhasil mengakumulasi penjualan sebanyak 5 juta unit.
“Tahun 2016 menjadi tahun yang penting bagi Toyota Indonesia karena berhasil membukukan kinerja yang positif jauh lebih baik dibanding tahun sebelumnya, dan tetap menjadi market leader. Prestasi ini juga memberikan kontribusi terhadap kinerja Toyota Global di mana posisi Toyota Indonesia kini menjadi sangat penting bagi Toyota Motor Corporation karena Indonesia telah menjadi salah satu kontributor terbesar penjualan Toyota global setelah Jepang, Amerika Serikat dan China,” kata Hiroyuki Fukui.
Pencapaian hasil postitif di 2016 mendorong Toyota lebih giat lagi untuk membukukan kinerja yang lebih baik sepanjang 2017. Apalagi pada tahun ini kompetisi di industri maupun pasar otomotif nasional diperkirakan akan semakin ketat. Selain itu, kebutuhan, permintaan, dan ekspektasi pelanggan terhadap produk, teknologi, dan layanan Toyota pun semakin tinggi dan beragam.
Untuk mencapai tujuan tersebut, dengan tetap meneruskan komitmen Beyond Product, Beyond Technology dan Beyond Service, Toyota akan menghadirkan produk-produk baru atau melakukan improvement model dengan sentuhan lokal dan tetap mengedepankan high technology.
Selain itu, Toyota juga akan memfokuskan layanan prima bagi pelanggan, termasuk melalui upaya pengembangan dan perluasan jaringan outlet resmi Toyota guna memberikan kemudahan akses terhadap produk, teknologi, dan aftersales service kepada pelanggan.
Henry Tanoto, Wakil Presiden Direktur TAM mengatakan, “Kompetisi di pasar otomotif yang semakin ketat membuat Toyota juga akan menghadapi tantangan yang semakin besar ke depannya. Namun melalui produk-produk terbaru yang berlandaskan semangat Toyota Let’s Go Beyond, kami berharap dapat membukukan kinerja yang baik dengan market share minimal 35%.” [MNR]