TOYOTA PERTAHANKAN PANGSA PASAR DI INDONESIA

Foto: Istimewa

JAKARTA, AFTERMARKETPLUS – Toyota masih tetap digdaya dalam mempertahankan posisi market leader dengan berhasil menjual sebesar 314.678 unit kendaraan dari bulan Januari-Oktober 2016. Toyota masih tak tergoyahkan sebagai pemimpin pasar dengan market share 36,1%.

Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto, menyebutkan kondisi pasar otomotif nasional masih belum begitu positif, kendati sudah menunjukkan tren pertumbuhan.

Hal itu terlihat dari pertumbuhan pasar nasional pada Januari-Oktober 2016 yang hanya naik 2,9% dibandingkan dengan periode yang sama pada 2015.

“Kita berharap dalam dua bulan ke depan atau sampai akhir tahun, pasar otomotif dapat tetap terus meningkat. ” ungkap Henry.

Henry menambahkan, “Toyota berhasil mencatatkan pertumbuhan yang cukup signifikan sehingga kami sangat berterimakasih dan memberikan apresiasi kepada pelanggan yang telah memberikan kepercayaannya terhadap produk, teknologi, dan servis yang kami hadirkan dalam semangat Let’s Go Beyond.”

Sama seperti tren pasar nasional secara keseluruhan, pertumbuhan penjualan Toyota didominasi segmen MPV dan SUV. Di segmen MPV, penjualan Toyota pada Januari—Oktober 2016 di pasar ritel mencapai 197.036 unit atau naik 34,9% dibandingkan periode yang sama pada 2015 sebesar 146.075 unit.

Ini membuat pangsa pasar Toyota di segmen MPV naik dari 48,3% menjadi 55,3%.
Dominasi Toyota di MPV didukung oleh line-up yang komplit di semua segmennya, mulai dari entry MPV yaitu Calya, low MPV dengan adanya Avanza & Veloz, serta Sienta, medium MPV yaitu Kijang Innova, high MPV yaitu NAV1, dan luxury MPV yaitu Alphard.

Pada periode yang sama, melalui dua produk andalan di segmen SUV yaitu Toyota Rush di segmen medium SUV dan Fortuner di segmen high SUV membukukan total penjualan ritel 42.265 unit, atau tumbuh 32,9% dibandingkan periode yang sama pada 2015 sebesar 31.806 unit.

Toyota Fortuner berhasil tampil sebagai motor penggerak di segmen high SUV dengan akumulasi penjualan ritel Januari—Oktober 2016 sebanyak 21.745 unit atau naik 112,8% dibandingkan Januari—Oktober 2015 sebesar 10.220 unit.

Pencapaian ini berhasil menempatkan Fortuner sebagai market leader dengan pangsa pasar 44,9% dibanding pada 2015 sebesar 27,3%. Sementara, untuk Toyota Rush angka penjualan relatif terbilang stabil yaitu 20.520 unit dibandingkan dengan tahun lalu sebanyak 21.586 unit. [AKR]