TOYOTA YARIS ATIV SEDAN BARU TOYOTA BERMESIN CALYA

Foto: Istimewa

JAKARTA, AFTERMARKETPLUS – Pasar Small Sedan di Indonesia memang nampak tidak terlalu bergejolak. Tercatat hanya ada 3 kontestan di segmen ini mulai dar Toyota Yaris, Honda City dan juga Suzuki Ciaz. Dan jika sebelumnya City sudah melakukan facelift, maka Toyota dikabarkan akan mempersiapkan Toyota Atif untuk jadi pelengkap lini-up Yaris.

Toyota Yaris Ativ sendiri baru memulai debut peluncurannya di Thailand akhir Agustus lalu. Mobil ini berbasis pada Toyota Vios namun hadir dengan kubikasi mesin yang lebih kecil untuk mematuhi peraturan Eco Car atau Low Cost Green Car (LCGC) ala Thailand.

Yaris Ativ akan terbagi dalam lima varian yakni Ativ J Eco, J, E, G dan S. Semua model akan didukung mesin 1.200 cc 4 silinder Dual VVT yang dipasangkan dengan transmisi otomatis CVT-i. Mesin berkode 3NR-VE sebenarnya identik dengan yang ada di Toyota Calya yang juga memiliki tenaga 88 dk dan torsi 108 Nm. Nah inilah yang jadi pertanyaan besar. Apakah Yaris Ativ akan dipersiapkan Toyota jadi LCGC baru dengan wujud sedan?

ATIV 2Kami rasa tidak. Pasalnya jika diset untuk LCGC, bandrol Yaris Ativ masih terlalu tinggi. Harga Yaris Atif termurah di Thailand tipe J Eco dijual mulai 469.000 baht (Rp 187 juta). Sementara tipe termahalnya yakni S dijual 619.000 baht (Rp 247 juta).

Di luar harganya, Yaris Ativ menawarkan desain berbeda dibanding Yaris. Mobil ini memiliki tampang depan dan belakang unik untuk membedakan dirinya dari Vios.

Termasuk tampilan lampu belakang LED yang lebih kecil. Posisi gril lebih rendah dan dibuat besar hingga mendominasi wajah Ativ, sementara headlamp khas Toyota model V dan sisipan gril krom menempel di bagian atas.

Yaris Ativ juga dilengkapi desain lengkung roda depan yang berbeda, tuas pintu berlapis krom, dengan garis tegas menghubungkan handle pintu ke lampu belakang belakang.

Beberapa kelengkapan standar di tipe E, G dan S seperti pelek alloy 15 inci, sementara pelek besi 15 dan 14 inci masing-masing ada di tipe J dan J Eco. Lampu proyektor halogen tersedia untuk varian G dan S, sementara itu adalah reflektor halogen untuk varian lainnya.

Di dalam, jok fabric standar ada untuk semua line-up. Begitu juga dengan trim pintu kombinasi material fabric dan kulit dengan jahitan merah. Adapun warna interior yang ditawarkan meliputi hitam atau krem.

Fitur lain yang tersedia di mobil ini ialah head unit layar sentuh 7 inci, AC otomatis, display multi-info 4,2 inci, cluster instrumen Optitron, enam speaker serta keyless entri dan tombol start/stop.

Untuk fitur keamanan Yaris Ativ hadir dengan tujuh kantung udara (depan, samping, tirai dan lutut pengemudi), VSC, kontrol traksi, hill start assist, rem ABS dengan bantuan EBD. Semua ini adalah kelengkapan standar pada seluruh varian Yaris Ativ.

Jika begini, prediksi kami unit Yaris Ativ yang diboyong ialah tipe J Eco. Namun dengan kelengkapan fitur yang akan dikurangi lagi untuk memenuhi regulasi tergait harga LCGC di Indonesia. Yups kita tunggu saja perkembangannya. [MNR]

About pekik udi irianto 884 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present