TOYOTA YARIS GMRN KOMBINASI PERFORMA DAN HANDLING YANG MANTAP

Foto: Istimewa

MANCANEGARA, AFTERMARKETPLUS.ID – Perkenalkan ini dia Toyota Yaris GMRN, Compact Hatchback paling diantisipasi saat ini. Yaris baru ini menjadi penanda kembalinya Toyota ke persaingan hatchback yang ketat dengan menyediakan 400 unit Yaris GMRN yang 100 di antaranya akan tersedia di Inggris.

YARIS GRMN2Lantas apa yang menarik dari Toyota Yaris GMRN? Pembangunan mobil ini banyak dipengaruhi dari model Yaris WRC, mobil yang membawa Toyota kembali ke Kejuaraan Reli Dunia FIA, dengan keberhasilan memenangkannya.

Performa Yaris GMRN terpancar dari aplikasi pelek BBS 17 inci yang ringan, rem lebih besar, knalpot oval yang ditempatkan di tengah bumper belakang. Uniknya lagi eksterior kastem bahkan harus dipesan lebih dalu menampilkan skema warna putih, hitam dan merah ala Toyota Gazoo Racing.

Toyota Yaris GMRN adalah embrio Sirkuit Nurburgring. Sejak selesai konsep Yaris GRMN pertama tahun 2015, sebuah prototipe dikirim ke fasilitas Toyota dekat dengan sirkuit balap Nürburgring, Jerman.

YARIS GRMN5Di sini para spesialis tuning Toyota dari Eropa dan Jepang berkolaborasi mengasah handling dan performa mobil. Mulai tes di trek lurus hingga jalan berkelok demi menemukan settingan hatchback yang menyenangkan.

Nama GRMN sendiri merujuk pada Gazoo Racing yang mengklaim sebagai Meister of the Nürburgring. Dengan embel-embel embrio Nurburgring, sudah jelas jika Yaris GMRN menawarkan performa hebat.

Jantung pacu Toyota Yaris GRMN ialah mesin empat silinder 1,798 cc, unit 16 katup yang dilengkapi supercharger Magnusson Eaton dan katup variabel cerdas khas Dual VVT-i untuk katup inlet dan exhaust.

YARIS GRMN3Dengan rasio kompresi 10: 1, Yaris GMRN mampu merilis tenaga sebesar 212 dk pada 6.800 rpm dan torsi maksimum mencapai 250 Nm pada 5.000 rpm. Tenaga besar tersalur ke roda depan melalui transmisi manual 6 percepatan.

Hasilnya Yaris GMRN bisa bisa berakselerasi 0-100 km/jam dalam 6,3 detik dan menyentuh kecepatan tertinggi 230 km/jam yang dibatasi secara elektronik. Semua catatan juga didapat berkat bobot ramping yang hanya 1.135 kg. Membuat power to weight ratio Yaris GMRN jadi salah satu yang terbaik di kelasnya yakni 5,35 kg per 1 dk.

Untuk memastikan transfer tenaga berjalan lancar ke aspal, mobil ini dilengkapi limited slip differential dari Torsen. Tingkat kekakuan rangka juga ditingkatkan termasuk ground clearance yang 24 mm lebih rendah dibanding dari Yaris standar.

YARIS GRMN6Pengembangan shock absorber baru bersama Sachs, anti roll bar depan yang lebih besar 26 mm depan, plus suspensi depan MacPherson strut dan belakang torsion beam sukses membuat handling mobil ini meyakinkan. Tidak saja saat kencang di jalan lurus, tapi juga saat menaklukkan tikungan.

Piranti pengereman juga ditingkatkan dengan aplikasi rem cakram depan berdiameter 275 mm dilengkapi dengan kaliper empat piston. Sementara di belakang menggunakan cakram berukuran 278 mm biar tambah meyakinkan.

[MNR/VMI]

About pekik udi irianto 865 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present