Volkswagen Van Club Salurkan Bantuan ke Korban Tsunami Selat Sunda di Banten

Foto: Istimewa

AFTERMARKETPLUS.id – Sebagai klub kendaraan Volkswagen klasik yang tertua di Tanah Air, Volkswagen Van Club (VVC) punya komitmen untuk terus peduli dengan berbagai kondisi sosial-kemasyarakatan, terlebih yang sedang tertimpa musibah atau bencana.

Komitmen ini diwujudkan dalam aktivitas bakti sosial yang selalu menjadi agenda rutin klub VVC, selain touring tentunya. Seperti halnya yang dilakukan VVC pada Minggu, 13 Januari 2019, dengan melakukan bakti sosial ke wilayah yang terkena dampak bencana tsunami Selat Sunda.

Lokasi yang menjadi tujuan bakti sosial VVC untuk bencana tsunami berada di Kampung Longok, Sindanglaut, Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Dengan kekuatan 7 unit VW Kombi plus 2 unit non-VW dan 24 crew, rombongan menuju lokasi dengan titik kumpul pukul 6.30 wib di Rest Area Km. 13 Tol Jakarta – Tangerang, Minggu (13/1/2019).

Rute berangkat dipilih jalur Jakarta – Bukit Ciomas – Gunung Karang – Pandeglang – Carita. Rute ini dipilih karena lebih memungkinkan dilewati dan paling dekat dengan lokasi bakti sosial.

Dalam kegiatan ini, banyak anggota yang ingin ikut. Namun pengurus VVC hanya membatasi beberapa kendaraan untuk mempermudah mobilitas.

“Kami sengaja batasi jumlah kendaraan yang ikut, karena kondisi jalan belum memadai dan sempit. Kita juga perlu empati dengan kondisi warga di sana dengan tidak beramai-ramai bawa kendaraan. Dimaksimalkan saja barang bantuan ke unit Kombi yang ikut,” terang om Aldy Gondokoesoemo, Ketua Harian VVC.

Setibanya di lokasi, barang bantuan langsung diserahkan Ketua Umum VVC, Irjen Pol. (Purn) Drs. Pamudji R. Soetopo, SH, MH kepada tokoh masyarakat setempat yang mewakili warga.

“Semoga bantuan dari kami ini bisa bermanfaat bagi kebutuhan bapak dan ibu sekalian. Kami di VVC akan terus membantu doa untuk kebaikan semua warga di sini. Tetap semangat, jangan larut dalam kesedihan, dan optimis untuk proses recovery-nya,” kata Pamudji.

Tak lupa, VVC juga membawa serta seorang ustadz yang memberikan tausiyah atau ceramah yang berisikan semangat hidup yang teguh kendati ada musibah yang menimpa diri, keluarga, dan kondisi ekonominya.

“Sejumlah barang bantuan yang dibawa dalam aksi bakti sosial ini mencakup 750 kg beras, kebutuhan harian hingga perlengkapan mandi, ember dan gayung, pembalut wanita, pampers, kopi, makanan instan, serta pakaian layak untuk sekitar 500 kepala keluarga,” sebut Kabid Sosial VVC, Darmadi Natasubrata yang akrab disapa Otje ini.

Usai penyerahan bantuan, rombongan baksos VVC langsung balik arah Jakarta dengan titik kumpul pisah di sebuah restoran sop ikan di kota Serang. Rute balik rombongan menempuh wilayah Carita – Labuan – Ciomas – Serang Barat – Jakarta.

“Rutenya asik juga buat sekalian touring. Banyak kelokan dan tanjakan serta agak sempit. Terlebih masing-masing Kombi bawa muatan berupa beras dan barang lain yang cukup berat. Alhamdulillah bisa dilewati semua tantangannya,” ucap Harvyanto S, selaku Road Captain di perjalanan Baksos ini.

[EYD]