FIRST DRIVE IMPRESSION: HYUNDAI H-1 CRDi-VGT ROYALE LIMITED

Foto: Aftermarketplus

JAKARTA, AFTERMARKETPLUS – Beberapa waktu lalu, aftermarketplus berkesempatan merasakan first drive impression Hyundai H-1 CRDi-VGT Royale Limited.

Tipe tertinggi dari mobil keluarga berukuran lapang itu tampil dengan desain lebih menawan, di antaranya desain grille dan fitur DRL depan yang semakin berkelas, lis chrome di bodi samping dan velg 19-inchi, serta aksen chrome dan LED high mounted stop lamp.

FITUR EEV MEMPERMUDAH TUGAS PANDANGAN PENGEMUDI

Fitur EEV dapat dioperasionalkan dengan mudah melalui head unit.
Fitur EEV dapat dioperasionalkan dengan mudah melalui head unit.

Masuk ke dalam kabin sebagai pengemudi, fitur yang paling menyita perhatian adalah EEV (Eagle’s Eye View) yang sempat mendapat penghargaan dari prinsipal Hyundai Motor Company. Fitur EEV dilengkapi empat buah kamera, dua di depan dan dua di belakang. Fungsinya untuk memantau kondisi sekeliling kendaraan, khususnya saat parkir atau melintasi jalur sempit/padat.

Cara mengoperasinya pun mudah, tinggal pencet tanda arah “kiri” atau “kanan” di head unit di dashboard untuk memantau sisi depan kanan atau kiri. Sementara untuk mengaktifkan kamera belakang, tinggal pindahkan posisi tuas transmisi ke posisi “R” (mundur) dengan prinsip kerja yang sama memencet tanda arah “kiri” atau “kanan” di head unit.

Selebihnya pengemudi tinggal memantau kondisi sekeliling yang diinginkan melalui head unit.

MEMANJAKAN PENUMPANG BARIS KEDUA

Kursi baris kedua model captain seat yang dapat diatur secara elektrik, termasuk untuk sandaran betis.
Kursi baris kedua model captain seat yang dapat diatur secara elektrik, termasuk untuk sandaran betis.

Model captain atau individual seat di baris kedua sangat menekankan pesan layanan first class. Yup, kursi dengan sandaran betis dan dua fitur tombol elektrik untuk mengatur posisi sandaran punggung serta betis tentu sangat nyaman dan membantu kenyamanan sepanjang perjalanan.

Selain dilengkapi fitur pengatur AC sendiri untuk kabin belakang, kenyamanan penumpang juga makin terasa dengan adanya fitur tivi berukuran 10-inchi di langit-langit kabin (roof mounted monitor). Penumpang bisa puas-puasin nonton koleksi DVD terbaru sepanjang perjalanan.

Fitur pintu elektrik memudahkan akses keluar masuk kabin penumpang.
Fitur pintu elektrik memudahkan akses keluar masuk kabin penumpang.

Saat turun dari mobil menggunakan akses sebelah kiri, penumpang di baris kedua dan ketiga tidak perlu repot-repot terus memegang tuas terus menerus. Cukup pegang sebentar baik buka dan tutup, karena telah dilengkapi dengan fitur pintu elektrik (electric door).

RADIUS PUTAR HANYA 5,6 METER
Ngebayangin nyetir mobil segede ini repot ternyata keliru. Aftermarketplus beberapa kali mencoba melakukan putaran di radius lingkaran yang sama berulang-ulang, hasilnya mobil bisa muter-muter dengan mudah dengan radius putar yang hanya 5,6 meter (lihat video pengujiannya di Youtube “Aftermarketplus”).

TEKNOLOGI MESIN CRDi-VGT

Mesin diesel modern CRDi-VGT membuat kinerja mesin lebih optimal dan efisien.
Mesin diesel modern CRDi-VGT membuat kinerja mesin lebih optimal dan efisien.

Dukungan teknologi mesin diesel modern CRDi-VGT membuat kinerja mesin jadi lebih handal dan lebih efisien dalam konsumsi BBM dibanding versi sebelumnya.

KESIMPULAN
Jika Anda menginginkan mobil keluarga yang sangat lapang untuk keluarga, dengan standar keamanan yang sudah terbukti di Eropa (Euro NCAP), mudah dikendarai, kaya fitur kenyamanan, serta harganya relatif lebih terjangkau dibanding para kompetitor, Hyundai H-1 CRDi-VGT Royale Limited patut dikedepankan sebagai pertimbangan.

Coba test drive yuk… (Derry Journey)