HYUNDAI SANTA FE BERHASIL TUNTASKAN MISI 100 TAHUN DI ANTARTIKA

Foto: Istimewa

MANCANEGARA, AFTERMARKETPLUS – Tahun 1914 – 16, Sir Ernest Shackleton punya mimpi menjadi orang pertama yang berhasil menaklukkan perjalanan mengelilingi Antartika. Sayang perjalanan ini kemudian menjadi tragedi, karena kapalnya karam sebulan sebelum perjalanan tuntas.

Misi ekspedisi ini pun berubah menjadi aksi heroik, karena tujuan perjalanan berubah dari menaklukkan Antartika menjadi upaya penyelamatan nyawa 27 kru kapalnya. Aksi heroik ini pulalah yang melandasi keputusan Hyundai di bulan Desember 2016 lalu.

Mengandalkan Hyundai Santa Fe CRDi eVGT 2.2-liter, Hyundai mengajak cicit Sir Ernest Shackleton yaitu Patrick Begel yang langsung diberi kepercayaan mengendarai perjalanan ekspedisi yang baru pertama kali dilakukan mobil penumpang di Antartika.

Perjalanan ini memakan waktu sekitar 30 hari dengan jarak tempuh nyaris 5.800 km, serta suhu rata – rata minus 28 derajat Celcius. Mobil secara umum dalam kondisi standar. Hanya ban berukuran besar, penyesuaian sistem suspensi, tangkibahan bakar, serta pemanas mesin agar dapat bekerja dalam kondisi dingin ekstrim di Antartika.

“Sebuah ekspedisi yang luar biasa dengan mobil yang sangat nyaman dikendarai,” kata Patrick Bergel.

Gisli Jónsson, salah satu pakar yang paling berpengalaman berkendara di Antartika diajak untuk mempersiapkan kendaraan. “Secara umum, mobil dalam keadaan standar. Hanya memang sektor ban dan kaki – kaki harus mengalami perubahan dan penyesuaian untuk menyesuaikan dengan kondisi jalan es di Antartika,” kata Jónsson.

Tangki kendaraan pun dimodifikasi sedemikian rupa untuk dapat menampung 230-liter satu – satunya jenis bahan bakar yang bisa digunakan di Antartika, yaitu bahan bakar pesawat jet. (Derry Journey)