Atasi Blind Spot Di Nissan Terra Dengan Fitur Blind Spot Warning dan Intelligent Around View Monitor di Spion ‘Pintar’

Foto: Aftermarketplus.id

AFTERMARKETPLUS.id – Dimensi besar pada Nissan Terra membuat area blind spot alias titik tidak terlihat oleh pengemudi menjadi kian banyak.

Nissan memberi solusi dengan mengadopsi fitur Blind Spot Warning (BSW) dan spion tengah ‘pintar’ yangd dilengkapi dengan Intelligent Around View Monitor. Bagaimana cara kerjanya?

Blind Spot Warning dapat dipantau via kaca spion samping dan indikator di panel intrumen di dasbor, plus suara bip… jika ada kendaraan lain di area yang tidak terpantau oleh spion samping.

Tapi fitur ini lebih berguna ketika mobil sudah melaju di kecepatan di atas 20 km/jam.

Sedangkan jika Sobat berada di kepadatan lalu lintas atau berada di jalan sempit, peran spion ‘pintar’ di tengah menjadi begitu krusial.

Pasalnya, spion tengah telah menggunakan kamera yang posisinya ada di emblem Nissan pada grile, sisi bawah kaca spion samping dan dua kamera di belakang. Jadi sekeliling mobil dapat terpantau via spion tengah Nissan Terra.

Tal hanya itu, arah sudut setir pun dapat terpantau di monitor ini. Jadi pengemudi dapat melihat apakah arah ban tetap aman saat perlu berbelok di jalan sempit. 

Untuk mengaktifkan fitur ini, pengemudi cukup menekan tombol camera yang berada di bawah spion tengah.

Tapi fitur ini akan OFF ketika kecepatan mobil melewati 10 km/jam. Hal ini bertujuan agar pengemudi tidak memanfaatkan fitur ini untuk berkendara di kecepatan yang lebih tinggi lagi.

Satu kelemahan dari spion tengah ‘pintar’ ini adalah penggunaan kaca jenis glossy.

Jadi pengemudi cukup sulit memandang objek di spion dengan hanya meliriknya. Pantulan bayangan membuat visual menjadi terganggu, namun hal ini dapat diminimalkan dengan mengarahkan posisinya agar bayangan minim terlihat.

[Dhany Ekasaputra]

About Dhany Ekasaputra 165 Articles
Experience 1. Racing Driver (1999-2002) 2. Testing Driver, e.g : Lamborghini Aventador, Lamborghini Gallardo, Lotus Elise, Nissan GT-R, Nissan Juke R, McLaren 650 S, etc (2001-2015) 3. Journalist Otosport (2001-2003) 4. Journalist Auto Bild Indonesia (2003-2009) 5. Technical Editor Auto Bild Indonesia (2009-2015) 6. Instructor Safety Institute Indonesia (2014-2016) 7. Operational Manager PT OtoMontir Kreasi Indonesia (2015-2017) 8. Managing Editor aftermarketplus.id (2017- )