AFTERMARKETPLUS.id - Mesin 1.500 cc Turbo kini sedang tren. Produsen mobil asal Jerman, Jepang dan Cina menggunakannya di genre SUV yang mereka miliki. Bagaimana performanya saat disematkan oleh BMW X1, Honda CR-V dan DFSK Glory 580? Inilah ulasannya... BMW X1 Produsen asal Jerman ini menggunakan teknologi Twin Power Turbo pada unit mesin berkapasitas 1.499 cc 3-silinder. Penerapan mesin 3-silinder saja sudah merupakan pilihan pas untuk menghasilkan torsi besar sejak di putaran rendah, ketimbang mengadopsi mesin 4-silinder. Belum lagi dengan penerapan Valvetronic dan double Vanos untuk mengatur kerja klep agar kinerjanya kian optimal untuk memberikan tekanan ke turbo. Plus injektor di ruang bakar atau disebut juga direct injection, membuat semprotan bensin kian presisi. Penerapan twin scroll turbo yang diadopsi oleh BMW, turut meminimalkan terjadinya 'turbo lag' yang merupakan penyakit turbo konvensional - dimana putaran turbin di exhaust belum mampu memutar bilah kompresor untuk menghasilkan tekanan di intake manifold. Komposisi ini membuat mesin BMW mampu menghasilkan tenaga sebesar 136 hp di 4.400 rpm dan torsi 220 Nm di 1.250 rpm. Karakter mesin 3-silinder membuat performa maksimal telah diraih pada putaran mesin cukup rendah agar efisiensi konsumsi BBM kian optimal. Ketika dipadu dengan transmisi 6-speed dengan bobot kendaraan mencapai 1.505 kg, otomatis BMW X1 memiliki Power to Weight Ratio (PWR) 11,1 kg/hp. Klaim pihak BMW, performa 0-100 km/jam hanya memerlukan waktu 9,7 detik. Honda CR-V 1.5L Turbo Teknologi Earth Dreams menjadi nama dari produsen asal Jepang ini yang disematkan pada Honda CR-V. Teknologi ini merupakan perpaduan untuk memberikan efisiensi terbaik dari sektor mesin dan transmisi. Untuk mesin sendiri, Honda akhirnya mulai menanggalkan mesin Natural Asprated (N/A) yang selama ini menjadi andalannya. Dengan penerapan turbocharged, membuat konsumsi BBM mampu direduksi tanpa mengorbankan tenaga mesin.


#Mesin Turbo #DFSK Glory 580 #BMW X1 #Honda CR-V 1.5L #teknologi Twin Power Turbo #Teknologi Earth Dreams #DOHC (Dual Over Head Camshaft) #Dongfeng

Author : Dhany Ekasaputra > 306 Articles
Dhany Ekasaputra merupakan lulusan jurusan Teknik Mesin Universitas Pancasila yang memulai karir dibidang otomotif sejak;
- 1997 : Komunitas Balap KE System
- 1999 : Balap Turing dan Drag Race
- 2001 : Wartawan Tabloid Otosport
- 2003 : Wartawan Auto Bild Indonesia
- 2007 : PIC Auto Bild Indonesia Award
- 2009 : Editor Teknik Auto Bild Indonesia
- 2015 : Safety Driving Institute Otomotif Group
- 2016 : Manager Otomontir Kompas Gramedia
- 2018 : Redaktur Pelaksana Aftermarketplus.id
List Comment
No Comment