Bikin Stabil, Tapi Gak Bikin Keras Bantingan Suspensi. Gmana Caranya Sob?

Foto: aftermarketplus.id

AFTERMARKETPLUS.id – Salah satu solusi untuk meningkatkan sektor stabilitas tanpa mengurangi kenyamanannya adalah dengan memasang karet damper seperti produk Prime di coil spring alias per keong.

Solusi ini ternyata mampu meningkatkan kestabilan dan kemampuan pengereman tanpa mengorbankan kenyamanan lho! Kok bisa yaa???

Ini penjelasannya…

KENALI COIL SPRING ALIAS PER KEONG

Ternyata kontruksi per keong itu ada beberapa macam lho sob! Meski bentuknya merupakan batang besi yang berputar, namun jarak antar lingkar per berbeda-beda. Hal ini disesuaikan dengan kebutuhan serta ruang yang tersedia.

Seperti ada yang jarak antar per dibuat sama dari atas hingga ke bawah, lalu ada yang dibuat rapat di atas namun renggang di bawah hingga diameter lingkar bagian atas kecil lalu semakin ke bawah kian besar atau kembali lagi mengecil.

Per keong yang digunakan untuk kompetisi, tentu akan menerapkan desain yang pertama, yakni jarak antar lingkar per dibuat sama. Tujuannya agar gerakan suspensi linear sehingga pengendara dapat lebih mudah memprediksi ayunan suspensi.

Lalu desain per progresif diperuntukan pada kebutuhan harian, lantaran jarak antar lingkar per atau diameter lingkar per dibuat berbeda. Kontruksi ini dirancang agar saat kendaraan diisi beban ringan atau melewati jalan yang cenderung halus, maka bagian per yang rapat akan bekerja lebih dahulu, sehingga ayunan suspensi terasa nyaman.

Tapi begitu mendapat beban berat seperti muatan penuh atau menabrak lubang atau gundukan jalan dengan kecepatan cukup tinggi, dimana bagian per yang berjarak rapat sudah tidak memiliki celah lagi, otomatis bagian per dengan jarak lingkar yang jauh akan bekerja.

Wajar jika per progresif digunakan untuk mobil atau motor harian, lantaran medan jalan dan beban muatan yang tidak menentu. Sedangkan per linear lebih cocok digunakan untuk ajang kompetisi yang memmerlukan tingkat kepresisian dari kinerja sebuah suspensi.

KARET SPORT DAMPER PRIME

Nah keberadaan peranti inilah yang membuat kestabilan mobil dapat ditingkatkan. Prinsipnya adalah meningkatkan kekerasan per (spring rate) pada bagian lingkar yang memiliki jarak lebih renggang.

Wajar jika stabilitas mobil kian lebih baik dengan penerapan sport damper ini. Tapi kenyamanan tetap terpenuhi, mengingat per yang digunakan adalah jenis progresif.

Dengan adanya ganjalan antar lingkar per, maka jarak main per pun akan menurun. Alhasil, perannya juga seperti karet stoper. Efek positifnya, saat pengereman, mobil pun menjadi tidak terlalu menukik sehingga beban di bagian depan akan sedikit dipindahkan ke belakang. Alhasil, jarak pengereman menjadi lebih baik.

Apalagi desain sport damper Prime ini berbeda sedikit berbeda dengan sport damper pada umumnya. Sisi tengah karetnya dibuat mengecil agar kelenturan per tetap terjaga. Hal ini bertujuan, saat beban penuh, ayunan suspensi tetap terasa empuk.

Kejawab kan, bagaimana cara meningkatkan kestabilan mobil tanpa perlu mengganti suspensi mobil secara menyeluruh.

[Dhany Ekasaputra]

About Dhany Ekasaputra 137 Articles
Experience 1. Racing Driver (1999-2002) 2. Testing Driver, e.g : Lamborghini Aventador, Lamborghini Gallardo, Lotus Elise, Nissan GT-R, Nissan Juke R, McLaren 650 S, etc (2001-2015) 3. Journalist Otosport (2001-2003) 4. Journalist Auto Bild Indonesia (2003-2009) 5. Technical Editor Auto Bild Indonesia (2009-2015) 6. Instructor Safety Institute Indonesia (2014-2016) 7. Operational Manager PT OtoMontir Kreasi Indonesia (2015-2017) 8. Managing Editor aftermarketplus.id (2017- )