Kabin Mitsubishi Xpander Terasa Lebih Kedap? Ini Jawabannya Sob…

Foto: aftermarketplus.id

AFTERMARKETPLUS.id – Bukan rahasia lagi, jika salah satu keunggulan Mitsubishi Xpander terletak pada kabin yang lebih kedap suara. Hal ini dikarenakan oleh beberapa hal lho!

Tapi sebelum membahas peredam yang diterapkan pada Mitsubishi Xpander, kita perlu tahu dahulu sumber suara yang bisa menyusup ke dalam kabin atau interior, yakni suara lingkungan sekitar, angin saat mobil melaju, hujan, mesin dan road noise alias suara ban yang bergesekan dengan aspal jalanan.

Untuk itulah, beberapa langkah cerdas dilakukan engineer Mitsubishi untuk meredam intrusi suara ke dalam kabin.

IMG-20180812-WA0006

Penerapan double balon karet di pintu menjadi cara terbaik untuk meredam intrusi suara yang datang dari angin dan road noise. Langkah ini sebenarnya jamak dilakukan pada mobil-mobil premium. Jadi balon karet diletakan di pintu dan rangka sehingga interior menjadi lebih kedap.

Begitu pun dengan penggunaan ban yang mengarah jenis ban eco. Ban model seperti ini memiliki pattern atau desain kembang ban yang halus alias rapat, sehingga minim turbulensi yang dapat membuat ban menjadi berisik.

Tak hanya itu, penutup plastik di bagian dalam sepat bor umumnya diterapkan pada bagian roda depan saja. Tapi pada Xpander, Mitusbishi menyematkan penutup plastik ini di roda belakang. Sebuah langkah yang unik namun efektif, lantaran hal ini tentu akan menambah biaya produksi.

IMG-20180812-WA0005

Untuk meredam suara hujan di atap, Mitsubihi juga menyematkan material rockwool yang mampu mereduksi suara. Begitu pun dengan material plafon itu sendiri.

Tak kalah penting adalah penerapan sasis yang dibuat rigid (kaku) oleh Mitsubishi. Bahkan di ruang mesin, dudukan sokbreker kanan dan kiri dikoneksikan oleh plat besi sehingga kian kaku.

Meski tujuan utama dari penerapan sasis rigid lebih diperuntukan pada sektor handling atau pengendalian, namun juga berdampak pada getaran (vibrasi) dari plat itu sendiri yang dapat noise di interior.

Nah, jadi sudah mengerti kan sob, knapa interior Mitsubishi Xpander terasa cukup hening sehingga memberikan kenyamanan optimal bagi penggunanya?

[Dhany Ekasaputra]

About Dhany Ekasaputra 137 Articles
Experience 1. Racing Driver (1999-2002) 2. Testing Driver, e.g : Lamborghini Aventador, Lamborghini Gallardo, Lotus Elise, Nissan GT-R, Nissan Juke R, McLaren 650 S, etc (2001-2015) 3. Journalist Otosport (2001-2003) 4. Journalist Auto Bild Indonesia (2003-2009) 5. Technical Editor Auto Bild Indonesia (2009-2015) 6. Instructor Safety Institute Indonesia (2014-2016) 7. Operational Manager PT OtoMontir Kreasi Indonesia (2015-2017) 8. Managing Editor aftermarketplus.id (2017- )