Lima Langkah Penting Sebelum Berkendara Dengan Toyota Yaris TRD

Foto: aftermarketplus.id

AFTERMARKETPLUS.id – Siapa pun yang ingin mengendarai Toyota Yaris TRD dengan transmisi otomatis, wajib memahami lima langkah ini. Hal ini penting agar Compact Hatchback Toyota ini dapat dikendalikan dan dinikmati dengan optimal bagi pengendaranya.

Apa saja lima langkah penting tersebut? Simak ulasan aftermarketplus.id ini.

1.SMART KEY

Pertama adalah penerapan smart key yang akan memudahkan pengendara membuka atau mengunci pintu tanpa perlu menekan tombol di remote. Tinggal dekati pintu pengemudi atau bagasi, pengendara dapat langsung membuka atau mengunci kendaraan dengan mudah via sentuhan ringan di handel pintu. 

Apalagi saat pintu terkunci, spion akan secara otomatis terlipat, begitu pun saat mesin di starter. Dan untuk men-starter atau menon-aktifkan mesin, pengemudi hanya perlu menekan Start Stop Button sambil menginjak pedal rem. 

2.PENGATURAN BANGKU DAN SETIR

Salah satu keunggulan New Toyota Yaris adalah posisi mengemudi dimana bangku New Yaris dapat diatur ketinggiannya.

Begitupun dengan lingkar kemudi yang dapat diatur naik turun untuk menyesuaikan.

Baca juga: http://aftermarketplus.id/review/liburan-ke-bali-pakai-yaris-terbaru-siapa-takut

Bagi pengemudi agresif, posisi terendah menjadi posisi paling asyik, lantaran gerakan bodi dapat lebih terasa. Alhasil, limit saat bermanuver di tikungan dirasakan pengemudi via gerakan bodi mobil. Apalagi busa jok terasa mendekap pas dengan badan.

3.AUTO HEADLAMP

Fitur auto pada pengaturan lampu utama alias headlamp kian memudahkan pengemudi agar tak lagi repot saat perlu menyalakan lampu utama. Dengan sensor cahaya, lampu utama akan secara otomatis menyala ketika cahaya di sekitar terdeteksi gelap, seperti saat melewati terowongan atau memasuki lahan parkir di basement. 

Jadi, jangan lupa mengaktifkan fitur ini ya Sob!

4.PEDAL SHIFT

New Yaris pun menyediakan fitur perpindahan rasio puli secara manual 7-speed. Dengan tuas di kolom setir, tangan pengemudi dapat mengaktifkan dengan cepat dan mudah, baik dalam posisi D (Drive) atau M (Manual).

Fitur ini sangat berguna saat pengendara memerlukan efek engine brake saat deselerasi alias pengereman. Respon perpindahan pun cukup cepat sehingga tak membuat ‘gugup’ pengendara.

Aksi menyalip kendaraan lain pun menjadi kian mudah, lantaran pengemudi dapat menahan putaran mesin berada di rentang torsi maksimal – sekitar 3.000 – 4.000 rpm.

Sedikit membandingkan saat di kecepatan 100 km/jam, putaran mesin dalam mode Drive berada di 1.800 rpm, sedangkan ketika di posisi M7 (rasio puli tertinggi di mode manual), berada di 2.100 rpm. 

5.POSISI LUBANG TANGKI BENSIN

New Yaris meletakan lubang pengisian bensin di sisi kiri mobil. Dan untuk membuka penutupnya, Sobat perlu menarik tuas yang berada di sisi kanan bawah kursi pengemudi. 

[Dhany Ekasaputra]

About Dhany Ekasaputra 215 Articles
Experience 1. Racing Driver (1999-2002) 2. Testing Driver, e.g : Lamborghini Aventador, Lamborghini Gallardo, Lotus Elise, Nissan GT-R, Nissan Juke R, McLaren 650 S, etc (2001-2015) 3. Journalist Otosport (2001-2003) 4. Journalist Auto Bild Indonesia (2003-2009) 5. Technical Editor Auto Bild Indonesia (2009-2015) 6. Instructor Safety Institute Indonesia (2014-2016) 7. Operational Manager PT OtoMontir Kreasi Indonesia (2015-2017) 8. Managing Editor aftermarketplus.id (2017- )