Mengenal Fitur Keselamatan i-Activsense All-New Mazda CX-9

Foto: Istimewa

AFTERMARKETPLUS.id – Mazda CX-9 merupakan crossover SUV 3-baris berkapasitas 7 penumpang. SUV premium dari Mazda ini pertama kali diperkenalkan di Indonesia pada tahun 2019.

Berikut fitur keselamatan i-Activsense  All-New Mazda CX-9 yang tersemat didalamnya:

ALH– Adaptive LED Headlights (ALH): ALH memberikan dukungan bagi pengemudi untuk mengetahui potensi bahaya di depannya saat berkendara malam hari. Sistem ini bekerja dengan meningkatkan visibilitas saat malam hari dan membantu pengemudi menghindari situasi yang berbahaya dengan mengombinasikan Lampu Besar Anti-Silau (yang dapat diatur jarak penerangannya) dengan Lampu Dekat Rentang-Lebar.

BSM– Blind Spot Monitoring (BSM): Peranti ini menggunakan sensor radar yang terpasang di bagian belakang untuk mendeteksi kendaraan yang berada di area tidak terlihat (blind spot) di bagian belakang dan samping mobil, atau kendaraan yang mendekat dengan cepat, dan memperingatkan pengemudi melalui lampu peringatan di kedua kaca spion dan peringatan suara.

– Rear Cross-Traffic Alert (RCTA): RCTA menggunakan sensor yang sama dengan BSM untuk memberi peringatan pada pengemudi saat mendeteksi ada kendaraan mendekat dari kedua sisi saat mobil berjalan mundur. Peringatan akan hadir melalu indikator yang menyala di kaca spion samping atau melalui suara.

– Lane-Departure Warning System (LDWS): Fitur ini akan membaca garis marka jalan. Saat sistem membaca adanya perubahan gerak mobil yang meninggalkan lajurnya, maka fitur ini akan memberi peringatan suara yang serupa dengan suara mobil saat berjalan melalui pita penggaduh (rumble strip) agar pengemudi dapat segera mengoreksi kemudinya. Sistem ini juga membaca input pengemudi seperti penggunaan lampu sein untuk menghindari peringatan palsu.

LAS– Lane-keep Assist System (LAS): Kamera pemindai di bagian depan akan mendeteksi marka jalan dan menjaga lingkar kemudi untuk tetap berada di lajurnya. Sistem ini juga akan memperingakan pengemudi saat membaca perubahan lajur yang tidak diduga dengan menggetarkan lingkar kemudi atau melalui peringatan suara. Saat sistem ini mendeteksi perubahan lajur yang menggunakan lampu sein, sistem tidak akan aktif dan tidak akan ada peringatan yang diberikan. Sistem ini bekerja pada kecepatan di atas 60 km/jam.

– Smart City Brake Support [Forward/Reverse] (SCBS F/R): SCBS F/R mendeteksi kendaraan baik di depan maupun belakang mobil, dan secara otomatis akan mengaplikasikan rem untuk menghindari atau setidaknya mengurangi tabrakan di kecepatan rendah. Beroperasi di kecepatan hingga 30 km/jam, sensor kamera depan dapat mengenali kendaraan di depan dalam rentang yang luas. Saat mundur, sistem beroperasi pada kecepatan di antara 2 hingga 8 km/jam dan mendeteksi rintangan melalui sensor ultrasonic.

DAA– Driver Attention Alert (DAA): DAA menggunakan informasi seperti sudut putaran kemudi, kecepatan mobil dan output dari kamera sensor di depan untuk mendeteksi kondisi pengemudi dan membantu untuk mencegah kecelakaan yang mungkin disebabkan oleh kelelahan atau turunnya kewaspadaan.

– Dynamic Stability Control & Traction Control System (DSC/TCS): Sistem ini menggunakan sudut putaran kemudi, sensor roda dan sensor guling (yaw) untuk mengoptimalkan hantaran tenaga ke permukaan jalan sehingga dapat memitigasi resiko terguling.

– Antilock Brake System (ABS): Rem Antilock mengatur kerja rem untuk memastikan proses pengereman mobil tetap terkendali dan konsisten.

[MNR]

About pekik udi irianto 2282 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present