Mengenal Ragam Perlindungan Cat Kendaraan

Foto: aftermarketplus.id

AFTERMARKETPLUS.id – Sebenarnya cat kendaraan sudah dilindungi oleh lapisan clear coat agar warna tidak cepat pudar. Namun tidak sedikit pemilik kendaraan – terutama mobil – yang kerap menambahkan perlindungan tambahan pada lapisan catnya.

Ternyata banyak ragam perlindungan cat lho sob! Tujuannya jelas, agar penampilan kendaraan tidak lekas pudar. Bahkan perlindungan ini sering ditawarkan saat mobil masih dalam kondisi baru.
Apa saja ragam perlindungan cat? Simak ulasan Oto Pintar kali ini.

IMG-20180527-WA0002

WAX
Ini merupakan metode termurah dalam melindungi kilau cat kendaraan. Tugasnya wax adalah membuat lapisan agar air dan kotoran lebih sulit menempel, sehingga kerusakan clear coat dapat diminimalkan.
Proses aplikasinya tergolong cukup mudah.

Dari jenis gel hingga cair kini sudah tersedia. Bahkan beberapa shampo mobil mengklaim telah mengandung wax di dalamnya. Jadi proses mencuci dan waxing telah menjadi satu kesatuan.

Tapi karena bersifat melapisi dan tidak permanen, otomatis wax akan hilang dalam kurun waktu 2 sampai 3 bulan saja atau dalam beberapa kali proses cuci mobil – tergantung kualitas dari wax tersebut. Harganya sekitar puluhan hingga ratusan ribu Rupiah.

IMG-20180527-WA0000

CERAMIC COATING
Teknologi ini mulai ramai diperkenalkan di Indonesia sekitar tahun 2010. Dengan teknologi nano ceramic, coating ini bertugas sebagai treatment agar lapisan clear coat lebih terlindungi.

Ketebalan rata-rata cat dari besi hingga clear coat sekitar 0,16 mm – tergantung dari standar produsen kendaraannya. Tapi ketebalan cat dan clear coat sulit diketahui. Karena itulah, ceramic coating hadir sebagai treatment dari clear coat agar lebih terlindungi.

“Coating ceramic yang kami gunakan memiliki dua lapisan, yakni base coat dengan kekuatan 9 hardness dan top coat, 7 hardness. Untuk kaca, memiliki coating yang berbeda lagi,” papar Nicholas Kho, pemilik Finasse Auto Detailing di bilangan Meruya Ilir, Jakarta Barat

Untuk perawatan harian, Nicholas pun mewanti-wanti agar jangan mencuci mobil dengan shampo yang ada kandungan wax di dalamnya serta tidak menggunakan air wiper yang mengandung deterjen agar ceramic coating tidak lekas rusak.

Karena sifatnya sebagai treatment, otomatis clear coat menjadi lebih tahan terhadap goresan ringan. Tak heran jika ceramic coating memiliki garansi hingga bertahun-tahun dengan harga mulai bermain diangka jutaan Rupiah.

IMG-20180527-WA0001

PAINT PROTECTION FILM
Ini merupakan teknologi terkini dengan harga cukup fantastis. Satu mobil bisa mencapai puluhan juta Rupiah. Artinya konsumen paint protection film lebih diperuntukan pada mobil-mobil premium dengan warna hitam.

Simpelnya, paint protection film ini lebih kepada melapisi cat dengan stiker transparan yang memiliki ketebalan 0,15 mm. Dengan adanya lapisan film, maka cat lebih tahan terhadap goresan ringan.

[Dhany Ekasaputra]