Review Corsa Platinum M5 di Yamaha NMax Dengan Tampilan Ban Semi Slick

Foto: aftermarketplus.id

AFTERMARKETPLUS.id – Setelah dirilis tahun lalu, akhirnya Oto Pintar mendapat kesempatan untuk mencoba lebih dalam terhadap performa Corsa Platinum M5 yang dirancang khusus untuk Yamaha NMax ini.

Kesan pertama… Begitu menggoda… Desain pattern alias kembang ban Corsa Platinum M5, terlihat sporty dengan minim alur sehingga berkesan ban semi slick alias ban balap.

Pola pattern seperti ini, sudah dapat dipastikan memiliki daya cengkeram oke dalam kondisi kering, lantaran bidang kontak ban dengan aspal akan lebih luas akibat alur ban yang sedikit.

Uniknya, arah pattern ban depan dibuat terbalik dengan putaran roda. Hal ini bertujuan untuk memberi fungsi berbeda antara ban depan dengan ban belakang.

“Ban depan berfungsi untuk membelah air saat hujan, sedangkan ban belakang lebih untuk memberikan traksi dan beban. Lantaran beban terbesar di Yamaha NMax ada di roda belakang,” terang M. Sulkan Arif selaku Technical Support National PT Multistrada Arah Sarana Tbk.

KONTRUKSI V-PROFILE

Jika diperhatikan, ban depan Corsa Platinum M5 memiliki kontur V-profile sehingga efektif saat digunakan. Jadi, saat melaju lurus, bidang kontak dengan aspal dibuat minim sehingga mengurangi beban mesin. Plus lebih ringan saat putar balik dengan posisi motor tegak.

Hal berbeda ketika bermanuver, yang cenderung posisi motor lebih miring. Grip ban tetap optimal karena kontruksi V-profile yang diadopsi Corsa Platinum M5.

Tapi pengendara harus sedikit beradaptasi dengan penerapan teknologi ini. Pasalnya, rasa berkendaranya jadi terasa ‘aneh’ saat pertama kali menggunakannya, terutama ketika berzig-zag ria di kemacetan jalan raya. Tapi setelah terbiasa, baru bisa mengoptimalkannya dengan memberikan rasa berkendara yang jauh lebih baik.

MEDIUM – SOFT COMPOUND

Untuk compound ban, Corsa Platinum M5 menyematkan jenis Medium – Soft. Pilihan sempurna untuk memperoleh grip optimal namun tetap memiliki usia pakai ban normal.

Apalagi pihak Corsa membuat kedalaman alur 5 mm untuk ban depan dan 6 mm untuk ban belakang. Kondisi ini tentu dapat memperpanjang usia pakai ban dengan compound Medium – Soft.

Kombinasi alur ban jarang dan ketebalan alur hingga 6 mm serta compound Medium – Soft, membuat handling tetap optimal, tanpa takut kembang ban bergerak saat bermanuver yang dapat membuat pengendara gugup.

Wajar jika Oto Pintar merasa lebih ‘pede’ ketika manuver cepat di tikungan atau jalan berkelok saat menuju The Highland Park Resort di Bogor, Jawa Barat (9/2).

PERFORMA DI JALAN BASAH?

Corsa Platinum M5 telah mengadopsi silica compound. Dimana dengan penerapan ini membuat Corsa Platinum M5 memiliki daya cengkeram yang lebih baik di suhu ban rendah atau dalam kondisi hujan. Alias daya cengkeramnya bisa meningkat hingga 15% ketimbang ban tanpa kandungan silica compound.

Tak hanya itu, karakter dari silica itu elastis. Artinya, ban akan terasa lebih empuk dan mampu meredam permukaan jalan menjadi lebih baik, terutama di jalan berpasir.

Tapi khusus di jalan berpasir, Oto Pintar gak tertarik untuk mengetesnya… 😁

UKURAN BAN LENGKAP

Makin asyik, Corsa menyediakan pilihan ukuran ban yang lengkap. Untuk ban depan, tersedia ukuran 110/70-13 dan 120/70-13. Sedangkan ban belakang, 130/70-13, 140/70-13 dan 150/60-13.

Harga pun dimulai dari Rp 270 ribu untuk ukuran 110/70-13 hingga Rp 420 ribu untuk ban 150/60-13.

TAMBAH GROUND CLEARANCE

Jika ukuran ban standar Yamaha NMax adalah 110/70-13 depan dan 130/70-13 belakang, Oto Pintar pun memilih untuk meningkatkan satu ukuran di depan dan belakang, yakni menjadi 120/70-13 dan 140/70-13.

Dengan komposisi ini, tentu distribusi berat motor tak berubah sehingga tidak mempengaruhi pengendalian secara keseluruhan.

Plus… diameter total ban pengganti yang lebih besar turut meningkatkan ground clearance sekitar 7 mm. Cukup membuat hati tak lagi was-was saat melewati jalan rusak sehingga sesuai dengan moto ‘Corsa Jelajah Tangguh’..

[Dhany Ekasaputra]

About Dhany Ekasaputra 153 Articles
Experience 1. Racing Driver (1999-2002) 2. Testing Driver, e.g : Lamborghini Aventador, Lamborghini Gallardo, Lotus Elise, Nissan GT-R, Nissan Juke R, McLaren 650 S, etc (2001-2015) 3. Journalist Otosport (2001-2003) 4. Journalist Auto Bild Indonesia (2003-2009) 5. Technical Editor Auto Bild Indonesia (2009-2015) 6. Instructor Safety Institute Indonesia (2014-2016) 7. Operational Manager PT OtoMontir Kreasi Indonesia (2015-2017) 8. Managing Editor aftermarketplus.id (2017- )