Review Ganti Tangki Bensin Yamaha NMax Jadi 9,5 Liter, Aman Dari Karat?

Foto: aftermarketplus.id

AFTERMARKETPLUS.id – Tidak sedikit pemilik Yamaha NMax yang melakukan modifikasi di sektor performance. Hal ini jelas membuat konsumsi BBM menjadi lebih boros dan berimbas lebih sering mampir SPBU.

Solusinya adalah mengganti tangki bensin dengan kapasitas lebih banyak dari standarnya. Jika kapasitas bensin standar Yamaha NMax sebanyak 6,6 liter – berdasarkan brosur – produk tangki bensin aftermarket bisa mencapai 9 hingga 10 liter.

Jika produk aftermarket mahal, Razan Yamaha India dibilangan Tanjung Barat, Jakarta Selatan menawarkan tangki gambot dengan material dari tangki standar motor dengan harga terjangkau. Harga resminya Rp 900 ribu, namun bila Sobat menukar tangki lamanya, cukup keluarkan biaya Rp 650 ribu.

Bagaimana reviewnya?

Pertama, produk tangki ini dirancang PNP alias tak perlu modifikasi lagi dalam hal pemasangan. Tapi memang perlu trik dalam memasangnya, mengingat ukurannya yang lebih besar.

Salah satunya adalah perlu melepas fuel pump terlebih dahulu agar proses pemasangan dapat dilakukan. Hal ini tampak wajar, lantaran Razan menambah jarak lebih panjang ke bawah agar volume tangki dapat bertambah.

Bahkan produk pertama Razan untuk NMax adalah 9 liter dan kini bisa bertambah 0,5 liter lantaran posisi tangki sedikit dibuat lebih miring agar volume bisa dioptimalkan lagi.

Setelah Terpasang

Jika Sobat terbiasa mengisi bensin dengam volume 6,2 liter dari kondisi indikator bensin berkedip hingga full tank. Kini Sobat harus mengisi 8,2 liter. Tinggal kalikan harga bensinya deh…

Artinya, sisa bensinnya sekitar 1,3 liter Sob, dari kondisi indikator bensin berkedip di panel instrumen. Jika dikalikan dengan konsumsi BBM 27 km/liter – motor milik OtoPintar – maka bisa menempuh 35 km lagi sampai motor benar-benar kehabisan bensin.

Lalu bagaimana dengan indikator bensin?

Karena fuel pump dan pelampung berada di dasar tangki, maka yang menjadi pembeda adalah hilangnya bar pertama pada indikator bensin di panel instrumen. Jika OtoPintar perhatikan, dalam penggunaan tangki standar, bar pertama hilang saat motor menempuh jarak 60 km dari kondisi bensin full tank, kini rata-rata berada di jarak 107 km.

Begitu pun saat kondisi indikator mulai berkedip. Posisi tangki yang lebih miring membuat volume bensin yang tersisa menjadi lebih banyak ketimbang menggunakan tangki standar.

Amankah Dari Karat?

Penambahan pelat galvanis dengan proses pengelasan tentu rentan terhadap korosi atau karat. Tapi karena proses pengelasan berada di sisi bagian atas dan air yang memiliki berat jenis lebih berat dari bensin, otomatis posisinya ada di bagian bawah tangki.

Kondisi ini tentu membuat tangki menjadi tahan terhadap korosi dari bagian dalam tangki. Tinggal pengecatan di luar tangki yang menjadi kunci agar terhindar dari karat.

Rasa Berkendara?

Penambahan volume bensin tentu membuat berat motor di bagian depan akan bertambah – terutama saat bensin terisi penuh.

Kondisi ini membuat grip bagian depan motor meningkat saat kondisi full tank dan menjadi begitu terasa perubahannya saat bensin penuh atau engga..

Nah.. sudah terjawabkan efek dari penggantian tangki gambot di Yamaha NMax…

[Dhany Ekasaputra]

About Dhany Ekasaputra 152 Articles
Experience 1. Racing Driver (1999-2002) 2. Testing Driver, e.g : Lamborghini Aventador, Lamborghini Gallardo, Lotus Elise, Nissan GT-R, Nissan Juke R, McLaren 650 S, etc (2001-2015) 3. Journalist Otosport (2001-2003) 4. Journalist Auto Bild Indonesia (2003-2009) 5. Technical Editor Auto Bild Indonesia (2009-2015) 6. Instructor Safety Institute Indonesia (2014-2016) 7. Operational Manager PT OtoMontir Kreasi Indonesia (2015-2017) 8. Managing Editor aftermarketplus.id (2017- )