Saat OtoPintar Mencoba Kipas Mesin Honda Vario di Yamaha NMax. Ternyata Bikin Mesin Menjadi……

Foto: aftermarketplus.id

AFTERMARKETPLUS.id – Salah satu ide pemilik Yamaha NMax asal kota Bandung – Yadi Arcadia – untuk mengatasi suara ‘ngorok’ di scooter Yamaha, adalah mengganti kipas mesin dengan milik Honda Vario.

Ide ini tercetus lantaran kang Yadi – panggilan akrab Yadi Arcadia – pernah memiliki masalah serupa di Honda Vario 125 produksi tahun 2013.

Kemudian ia menggantinya dengan kipas mesin milik Honda PCX CBU Thailand yang memiliki sudut bilah berbeda. Alhasil, suara ‘ngorok’ pun hilang.

Ide serupa kini diterapkan pada Yamaha NMax kesayangan dan menjadi viral di SosMed. Beberapa media pun menulis penemuan ini, namun tidak sedikit yang mengunjingnya.

GANTI KIPAS MESIN HONDA VARIO LAWAS

Untuk itulah, OtoPintar tertarik untuk mengujinya langsung. Tentu di Yamaha NMax juga dong Sob.

Langkah pertama adalah membeli kipas mesin Honda Vario generasi pertama alias yang masih karbu dengan kode part 1950 KVB 900. Alasannya simpel, tipe ini lebih PNP karena memiliki ketebalan yang serupa dengan milik Yamaha NMax. Plus harganya gak sampai Rp 30 ribu.

Sobat hanya perlu menggeser PCD alias lubang baut yang sebanyak 3 buah agar lebih ke dalam sekitar 2-3 mm. Caranya bisa dengan mengikir area tersebut.

Meski memiliki bilah berlawanan arah dengan milik Yamaha NMax, namun kipas mesin ini tetap menyedot hawa panas dari radiator menuju kolong mesin.

METODE TES

Tak hanya itu, OtoPintar pun menguji dengan mengukur suhu mesin via ECU Aracer. Metode tesnya, pengujian selalu dilakukan pagi hari sekitar jam 06.00 WIB.

Kemudian mesin dibiarkan dalam kondisi idle hingga suhu mencapai 70°C sebagai titik awal pengetesan. Lalu mesin dibiarkan idle selama 10 menit.

Hasilnya (lihat diagram), dengan menggunakan kipas standar Yamaha NMax, suhu mesin mencapai 84°C setelah dihidupkan selama 10 menit. Sedangkan ketika menggunakan kipas Honda Vario lawas, angkanya turun menjadi 79°C dengan kondisi pengetesan serupa. Artinya, terjadi penurunan suhu hingga 5°C.

Kesimpulannya, BERHASIL… BERHASIL… jika mengutip film kartun DORA…  Suara ngorok hilang dan suhu mesin jadi lebih dingin.. Cocok buat motor Bore Up nih… 🙂

[Dhany Ekasaputra]

About Dhany Ekasaputra 205 Articles
Experience 1. Racing Driver (1999-2002) 2. Testing Driver, e.g : Lamborghini Aventador, Lamborghini Gallardo, Lotus Elise, Nissan GT-R, Nissan Juke R, McLaren 650 S, etc (2001-2015) 3. Journalist Otosport (2001-2003) 4. Journalist Auto Bild Indonesia (2003-2009) 5. Technical Editor Auto Bild Indonesia (2009-2015) 6. Instructor Safety Institute Indonesia (2014-2016) 7. Operational Manager PT OtoMontir Kreasi Indonesia (2015-2017) 8. Managing Editor aftermarketplus.id (2017- )