SERI PELUMAS: Oli Mesin Sering Berkurang? Ini Solusinya…

Foto: aftermarketplus.id

AFTERMARKETPLUS.id – Kondisi lalu lintas dan suhu sekitar yang terlampau panas kerap membuat oli mesin sering berkurang. Ternyata ada solusinya lho!

TURUNKAN SUHU KERJA MESIN
Mengganti radiator dengan volume air yang lebih banyak menjadi cara pertama agar suhu pelumas tidak menjadi terlalu panas. Pasalnya, suhu mesin bertambah 10°C akibat modifikasi berdampak pada penururan usia pakai oli bisa hingga 50% dari seharusnya.

Hal ini bisa dilakukan pada motor yang masih mengandalkan putaran mesin untuk memutar kipas radiator seperti pada Yamaha Nmax, Honda Vario dan lainnya.

Nah bagi kendaraan yang menggunakan elektrik fan, thermoswitch dapat diganti dengan suhu kerja yang lebih rendah. Misalnya sensor bekerja saat suhu mencapai 85°-95°C dapat diganti menjadi 75°-85°C.

Begitu pun dengan thermostat. Meski hal ini lebih sulit dilakukan lantaran setiap mesin memiliki thermostat yang telah dirancang untuk mesin tersebut.

PASANG OIL COOLER
Solusi lainnya adalah memasang oil cooler untuk mendinginkan oli mesin. Atau menggantikan oil cooler dengan ukuran yang lebih besar, jika motor telah mengadopsi peranti ini.
Dengan oil cooler, suhu oli akan didinginkan dengan memanfaatkan udara segar dan bidang peranti ini yang luas.

GANTI SPEK OLI MESIN
Cara paling mudah adalah mengganti spesifikasi oli mesin yang digunakan. Kesulitannya adalah pemilik kendaraan perlu mencari data sheet dari oli mesin untuk mengetahui titik nyala (flash point) dan Viscositas Index (VI).

“Carilah oli pengganti yang memiliki data flash point dan VI lebih tinggi dari standarnya. Lantaran flash point merupakan titik nyala oli sehingga berpengaruh terhadap tingkat penguapan dan VI merupakan kemampuan oli dalam mempertahankan kekentalan saat terjadi perubahan suhu,” tutup Agung Prabowo, Technical Specialist PT Pertamina Lubricant.

[Dhany Ekasaputra]

About Dhany Ekasaputra 140 Articles
Experience 1. Racing Driver (1999-2002) 2. Testing Driver, e.g : Lamborghini Aventador, Lamborghini Gallardo, Lotus Elise, Nissan GT-R, Nissan Juke R, McLaren 650 S, etc (2001-2015) 3. Journalist Otosport (2001-2003) 4. Journalist Auto Bild Indonesia (2003-2009) 5. Technical Editor Auto Bild Indonesia (2009-2015) 6. Instructor Safety Institute Indonesia (2014-2016) 7. Operational Manager PT OtoMontir Kreasi Indonesia (2015-2017) 8. Managing Editor aftermarketplus.id (2017- )