Tips Bikin Mobil Tetap Kuat Di Jalan Menanjak Ekstrim

AFTERMARKETPLUS.id – Perjalanan libur lebaran kali ini, penulis kerap bertemu mobil yang tidak kuat menanjak.

Inilah tips bikin mobil tetap kuat di jalan menanjak ekstrim.

Memang sih, kondisi jalan menanjaknya cukup ekstrim dengan sudut lebih dari 22° dan panjang, sehingga perlu nafas mesin ekstra.

Salah perilaku pengemudi, otomatis membuat kopling harus menyerah sehingga mobil gak kuat nanjak.

Jadi… Apa nih tips dan trik nya dari OtoPintar?

PAHAMI PERAN KOPLING

Sesuai fungsinya, kopling bertugas untuk menyalurkan tenaga mesin ke transmisi untuk diteruskan ke roda penggerak. Untuk itu, pahami peran kopling agar tidak terlalu membebani kerjanya saat di jalan menanjak.

Caranya dengan memanfaatkan momentum pergerakan mobil dan melakukan perpindahan gigi di tempat yang tepat – maksudnya jangan terlampau sering melakukan perpindahan gigi saat di tengah tanjakan.

Salah satu yang bikin pengemudi dan penumpang merasa was-was adalah saat melihat jalan menanjak yang cukup ektrim dan panjang. Memanfaatkan momentum saja, tentu tidak akan cukup membawa mobil hingga ke puncak tanjakan.

GUNAKAN GIGI SATU

Solusinya adalah manfaatkan gigi terendah yang tersedia di transmisi. Hal ini berlaku untuk mobil dengan transmisi jenis manual atau matik ya sob.

Kondisi ini tentu membuat kecepatan mobil menjadi rendah alias gak bisa memanfaatkan momentum kecepatan.

Tapi percayalah.. Ini jauh lebih efektif ketimbang pengemudi atau komputer transmisi matik harus memindahkan gigi rasio di tengah jalan menanjak.

Pasalnya, memindahkan gigi di tengah tanjakan akan membuat kopling bekerja sangat keras sehingga rentan overheat. Apalagi jika mobil mengusung beban penuh.

Kondisi seperti inilah yang membuat mobil menjadi tidak kuat menanjak. Apalagi, umumnya kondisi ini tidak terjadi diawal rute jalan menanjak alias sudah menempuh setengah perjalanan di rute menanjak ini.

Dengan kopling yang selalu engage (terkoneksi mesin dengan transmisi), otomatis pengemudi dapat lebih mudah menjaga putaran mesin selalu berada di torsi maksimal.

PINDAH GIGI HANYA DI JALAN RATA ATAU MENURUN

Tapi bukan berarti selama rute di jalan menanjak, pengemudi hanya boleh menggunakan gigi 1 lho sob! Kapan sampenya.. Hahahaha.. dan bisa bikin boros bensin karena mesin bekerja di rpm tinggi terus.

SAVE_20180622_110908

Lakukan perpindahan gigi hanya di jalan rata atau menurun. Lagi-lagi, hal ini bertujuan agar kopling tidak mendapat beban berlebihan yang dapat membuatnya overheat.

Nah, terkadang di tengah tanjakan ekstrim sekalipun, ada kondisi jalan yang sedikit rata. Manfaatkan titik ini untuk melakukan perpindahan gigi jika ingin memanfaatkan momentum kecepatan yang lebih tinggi sebelum di jalan menanjak.

Kata kuncinya adalah, jaga kopling agar tidak overheat biar mobil selalu kuat di jalan menanjak.. Dengan catatan, kondisi kopling masih layak pakai yaaa…

[Dhany Ekasaputra]

About Dhany Ekasaputra 140 Articles
Experience 1. Racing Driver (1999-2002) 2. Testing Driver, e.g : Lamborghini Aventador, Lamborghini Gallardo, Lotus Elise, Nissan GT-R, Nissan Juke R, McLaren 650 S, etc (2001-2015) 3. Journalist Otosport (2001-2003) 4. Journalist Auto Bild Indonesia (2003-2009) 5. Technical Editor Auto Bild Indonesia (2009-2015) 6. Instructor Safety Institute Indonesia (2014-2016) 7. Operational Manager PT OtoMontir Kreasi Indonesia (2015-2017) 8. Managing Editor aftermarketplus.id (2017- )