Banyak Inovasi Dari Sasis Heartech All New Suzuki Ertiga

Foto: aftermarketplus.id

AFTERMARKETPLUS.id – Sasis Heartech menjadi kunci dari pengembangan All New Suzuki Ertiga. Banyak inovasi dari sasis ini yang berdampak positif terhadap kenyamanan dan rasa fun to drive dari MPV Suzuki terbaru ini.

Salah satu yang pertama kami rasakan saat mengikuti media test drive All New Ertiga di Bali (27-29-/6) adalah bantingan suspensi. Hal ini menjadi krusial untuk sebuah mobil keluarga.

Paket sasis, setup suspensinya hingga busa jok, membuat pengemudi seakan ingin selalu melewati jalan agak rusak untuk memastikan kinerjanya dalam memberikan kenyamanan berkendara.

IMG-20180629-WA0080

Gejala body roll alias limbung pun menurun drastis dengan penerapan sasis baru ini. Melewati rute jalan sempit dan berliku saat menuju Omni beach, akurasi kemudi kian baik dengan karakter understeer.

Bahkan rasa ini kian dipertegas saat kompetisi zig-zag melewati deretan kun yang diselenggarakan panitia untuk membuktikan hal ini. Cukup terasa All New Ertiga begitu fun untuk dikendarai.

“Dengan sasis baru Heartect, membuat All New Ertiga memiliki tingkat kekakuan 10% lebih rigid dari sasis lamanya. Inilah yang membuat respon kemudi dan suspensi All New Ertiga terasa lebih nyaman,” terang Harold Donnel selaku Head of 4W Brand Devolopment & Marketing Research PT Suzuki Indomobil Sales.

Tak hanya itu, keheningan kabin pun turut mengalami perbaikan berkat sasis yang lebih kaku. Hal ini terdeteksi dengan dentuman bass pada audio system yang terdengar cukup baik di kelasnya. Hal ini kian menambah nyaman pengemudi dan penumpang saat diperjalanan.

Harold pun menambahkan bahwa sasis baru ini juga menyumbang bobot yang lebih ringan hingga 15% dari generasi sebelumnya.

Inilah kunci jawaban, mengapa All New Suzuki Ertiga bisa lebih irit meski kapasitas mesin bertambah dari 1.4L menjadi 1.5L.

Hal ini kami buktikan saat melakukan lomba irit selama media test drive berlangsung. Kondisi lomba disetting begitu riil seperti pengendaraan sehari-hari, seperti AC selalu ON selama perjalanan berlangsung.

Klaim dari tes pihak Suzuki adalah 18,09 km/l. Tapi kami mampu mendapatkan angka 20,85 km/l dengan metode pengetesan full to full.

Sayangnya, unit tes All New Suzuki Ertiga tidak dilengkapi MID (Multi Information Display) untuk konsumsi BBM. Jadi pengendara tak memiliki acuan untuk mengemudi hemat selain menjaga putaran mesin agar tidak bekerja lebih dari 2.500 rpm.

Uniknya, power mesin cukup terasa kuat saat melibas jalan menanjak dan berliku meski menggunakan gigi 3 sekalipun. Kebetulan unit test drive mengadopsi transmisi manual 5-speed, sehingga perpindahan gigi dapat diatur sesuai kebutuhan.

Nah… hebat kan sasis Heartech yang dibangun Suzuki.

[Dhany Ekasaputra]

About Dhany Ekasaputra 122 Articles
Experience 1. Racing Driver (1999-2002) 2. Testing Driver, e.g : Lamborghini Aventador, Lamborghini Gallardo, Lotus Elise, Nissan GT-R, Nissan Juke R, McLaren 650 S, etc (2001-2015) 3. Journalist Otosport (2001-2003) 4. Journalist Auto Bild Indonesia (2003-2009) 5. Technical Editor Auto Bild Indonesia (2009-2015) 6. Instructor Safety Institute Indonesia (2014-2016) 7. Operational Manager PT OtoMontir Kreasi Indonesia (2015-2017) 8. Managing Editor aftermarketplus.id (2017- )