Datsun Cross Taklukan Tanjakan, Turunan dan Tikungan Dengan Mudah

Foto: aftermarketplus.id

AFTERMARKETPLUS.id – Kesempatan mencoba Compact Crossover Datsun Cross dengan berbagai kondisi jalan akhirnya datang juga (4-5/5). Kali ini Kabupaten Gunungkidul yang masih masuk wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta menjadi santapan empuk mobil ini dalam ajang Datsun Cross media test drive.

Jalanan tidak terlalu lebar ditambah dengan tanjakan, turunan dan berkelok tentu menjadi tantangan tersendiri untuk menuju Pantai Ngandong dengan panorama nan elok, apalagi pantai ini menjadi surga nya bagi para pecinta olahraga surfing dan snorkling seperti yang diutarakan Salini Rengganis, atlet muda olahraga selancar yang telah sering mengharumkan nama Indonesia di berbagai kejuaraan Internasional.

DCIM100GOPROGOPR2768.JPGAFTERMARKETPLUS.id mendapat kesempatan pertama mengendarai Datsun Cross bertransmisi CVT dengan dibekali mesin 3 silinder 1.200 cc ini.

Kota Yogyakarta di hari Jum’at yang tidak terlalu padat, mengemudikan Datsun Cross bertransmisi CVT sangat nyaman, dengan sistem CVT yang baru memungkinkan terjadinya perpindahan transmisi lebih mulus. Kabin hening dengan hembusan AC yang adem terlihat dari tidur pulasnya rekan yang semobil dengan kami. Tentu menjadi nilai plus dari mobil seharga Rp 170 jutaan ini.

Nah, beberapa tantangan mulai kami rasakan ketika melewati tanjakan di daerah Piyungan yang lumayan terjal dan berliku. Meskipun tuas transmisi dalam posisi D, Datsun Cross masih mampu melahap dengan baik.

Tak cukup dengan posisi transmisi di D, posisi transmisi L menjadi menu selanjutnya. Dengan komposisi gir rasio paling rendah tentu mampu menghasilkan tenaga yang lebih baik dibandingkan pada saat posisi transmisi di D. Makanya Datsun Cross mampu dengan mudah melahap tanjakan dan turunan dengan baik.

Pada saat kondisi jalan cukup sepi, kami juga mencoba pilihan Drive mode Sport. Datsun Cross terlihat semakin agresif, sehingga cukup mudah ketika saat akan mendahului kendaraan lain.

Kesimpulannya, Datsun Cross ini  menyenangkan untuk dikendarai dan cukup mumpuni untuk di ajak kemanapun anda pergi.

[MNR]

About pekik udi irianto 931 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present