First Impression New Avanza dan Veloz Facelift

Foto: aftermarketplus.id

AFTERMARKETPLUS.id – Tak mau ketinggalan dari pesaingnya seperti Mitsubishi Expander dan Suzuki Ertiga serta Wuling, Toyota akhirnya memfacelift Toyota Avanza dan Veloz.

Dan menariknya, Toyota tidak menaikan harga meskipun mereka menyematkan berbagai fitur tambahan yang lebih baik dari generasi sebelumnya. Seperti apakah mobil yang mempunyai label mobil sejuta umat ini?

Eksterior

Melihat dari eksteriornya, Perubahan mendasar pada penampilan New Avanza dan Veloz terlihat pada bagian depan yang tampak semakin kokoh, stylish, dan modern.

Perubahan mencolok terlihat pada empat lampu headlamp yang dibelah mengekspresikan desain stylish dan modern. Tampilan headlamp yang semakin modern ini ditunjang dengan disain garnish yang menarik mampu mengekspresikan sorotan yang tajam dan ramping.

Toyota mengambil ide desain depannya ini dari jenis MPV diatasnya Avanza dan Veloz, yaitu Voxy dan Velfire. Jujur kami menyukai bagian depannya.

Fender lebar memberikan penampilan yang lebih berkelas dan stabil. Bumper depan tampil kian berkarakter dipadu dengan desain rumah lampu kabut yang tajam menonjolkan desain yang kuat dan modern serta sporty.

Garis bodi yang melewati lampu depan terus ke samping telah memberikan kesan penampilannya menjadi lebih panjang dibandingkan pendahulunya. Penyegaran pada pelek makin memperkuat penampilan New Avanza yang semakin berkelas.

Sementara, tampilan yang lebih kuat terlihat pada New Veloz. Disain trapesium pada griIIe-nya, menjadikan New Veloz terlihat lebih gagah dan semakin stylish.

Pada bagian belakang, tampilan New Avanza dan New Veloz juga tampak lebih lebar berkat desain terbaru dari lampu belakang. Penggunaan plate chrome pada pintu belakang kian mendukung kesan lebih lebar pada New Avanza.

Toyota Avanza dan Veloz terbaru ini kini spionnya sudah bisa terlipat otomatis. Selain bisa di lipat menggunakan switch, spionnya juga bisa otomatis terlipat saat mesin mobil dimatikan dan pintu di kunci.

Sementara jika pintu dibuka kuncinya, maka spion akan otomatis terbuka.

Penyegaran lain juga dilakukan pada bagian rangka dan kaki-kaki. Desain suspensi Avanza dan Veloz lebih disempurnakan sehingga kendaraan lebih stabil dan nyaman. Toyota menambahkan stabilizer pada keduanya.

Keduanya juga mengalami ubahan program pada Electric Power Steering sehingga lebih enak dikendarai baik dalam kecepatan rendah maupun kecepatan tinggi. Peredamnya juga disempurnakan sehingga didalam kabin lebih kedap.

Wah gak sabar kami mencobanya. Pasti Avanza dan Veloz jadi value for money.

Interior
Masuk kedalam interiornya, mobil ini kini sudah dilengkapi dengan AC digital dan head unit touch screen. Warna kain pada joknya juga berubah menjadi menambah kesan sporty.

Sementara itu ntuk desain interior masih sama seperti versi sebelumnya. Posisi duduknya pun juga sama. Karena tidak ada perbedaan dari generasi sebelumnya. Untuk Veloz, sudah dilengkapi dengan start stop button dan disematkan fitur keylees.

Selain itu,mobil ini disemua variannya telah menggunakan sistem audio dengan 6 speaker. Untuk unit yang kami review, yaitu Avanza 1.5 G dan Veloz. Head unitnya juga telah disematkan dengan security system back sensor, dan outer mirror-nya juga telah menggunakan integrated system.

Karena ini merupakan mobil jenis MPV, sama seperti generasi sebelumnya, New Avanza dan New Veloz dilengkapi dengan jumlah cup holder yang banyak disetiap pintunya.

Sayang tidak ada perubahan pada layout interiornya, sehingga di posisi baris ketiga masih terasa sempit dibandingkan pesaingnya.

[Gilang Budiman]

 

About Gilang Budiman 302 Articles
Organisation Experience Honda Civic Indonesia (2002) BMW CAR CLUB INDONESIA (2009-now) Mercedes Benz Club Indonesia (2014-now) Testing driver Ferrari F12, Bmw i8, Bentley, Lotus Elise, Lotus Exige, etc (2011-now) Auto bild magazine (2011 - 2015) Car Review, Otodriver, Car moto (2015-2016 ) Senior Editor aftermarketplus.id (2016-)
Contact: Website