Impresi Berkendara BMW X3 : Si SUV Bongsor Yang Tanpa Kompromi

Foto: aftermarketplus.id

AFTERMARKETPLUS.id – Sebelumnya kami sudah mengulas bagaimana ubahan eksterior, kelengkapan kabin dan fitur yang disuguhkan oleh New BMW X3 sDrive20i. Nah sebagai pelengkap kami akan jabarkan bagaimana rasa berkendara dari mobil ini.

Berada di balik kemudi jelas hal yang paling menyenangkan dari kabin X3 sDrive20i. Joknya nyaman dengan penampang bahu yang luas.

Sementara ruang pandang yang disajikan luas ditunjang dengan tata letak kenob, layar hiburan yang yang mudah dijangkau karena dasbor yang dirancang begitu driver oriented.

Begitu engine start kami tekan, raungan mesin TwinPower Turbo berkapasitas 1.998cc 4 silinder langsung menyalak. Namun begitu idle, kesenyapan kabin X3 sDrive20i terbukti mampu mengisolir suara mesin dan suara lain dari luar kabin.

Menerjang rute dalam kota Jakarta yang padat, pilihan mode Eco Pro jelas jadi prioritas. Di mode ini laju mobil terasa smooth, dan enggak terasa gejala turbo lag meski mobil kerap melaju merambat dengan kondisi stop and go.

Inilah tuah dari transmisi Steptronic 8 percepatan yang terhubung dengan BMW’s predictive gear shift technology. Teknologi ini sukses menciptakan pemindahan gigi yang lebih mulus. Juga dengan teknologi auto start-stop terbaru yang meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Lepas dari rute dalam kota yang padat, kami masuk ke tol untuk mencoba sedikit potensi tenaga X3 sDrive20i .

Yups tinggal pencet mode Sport maka respons throttle gas terasa jauh lebih responsif. Membuat Anda terbuai dengan potensi tenaga sebesar 184 dk dan torsi 290 Nm.

Cukup bulatkan nyali, maka SUV bongsor ini siap untuk berlari dengan klaim 0-100 km/jam yang bisa ditempuh dalam 8,2 detik.

Oh ya, catatan kami di rute kombinasi dengan kecepatan rata-rata terpaku di 35,3 km/jam, BMW X3 sDrive20i ini mampu mencatat konsumsi BBM 9,7 km/l.

Kencan kami dengan BMW X3 sDrive20i ini juga enggak sekedar ke jalan mulus aja Sob. Kami juga coba berpetualang ke daerah wisata Gunung Batu, Jonggol, Jawa Barat.

Rute ini lebih menantang dengan kombinasi sebagian median jalan agak berlubang, menikung tajam dan menanjak.

Beberapa kali roda mobil terjebak di lubang, namun yang kami rasakan bantingan suspensi mobil ini terasa empuk. Anda juga enggak perlu khawatir bibir bumper depan bagian bawah membentur jalan berlubang karena mobil ini punya ground clereance setinggi 204 mm. Jadi tetap aman Guys!

Melibas tikungan tajam dan menanjak bisa kami taklukkan dengan mudah karena handling mobil cukup tajam. Bahkan tergolong mudah membuat Anda seolah lupa tengah mengendarai SUV bongsor.

Sayang sebagai SUV berharga nyaris Rp 1 miliar, BMW X3 sDrive20i ini enggak dilengkapi mode berkendara off-road.

Namun toh dengan sederet amunisi yang dimiliki saat ini, X3 sDrive20i jelas salah satu opsi untuk dimiliki keluarga yang cinta berpetualang.

[MNR]

About pekik udi irianto 1272 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present