Impresi Mengendarai Hatchback Terseksi di Indonesia

Foto: aftermarketplus.id

AFTERMARKETPLUS.id – Libur akhir tahun yang menyenangkan, kami ditemani salah satu mobil paling seksi saat ini yakni Honda Civic Hatchback. Bukan tanpa alasan kami memanggil mobil ini dengan sebutan si seksi.

SEXY 1Lihat saja plat nomer S 153 XY yang kerap jadi sorotan. Pun dengan kelir merah metalik yang menyolok berpadu dengan lekuk aerodinamis bodi mobil yang memang sebasis dari Honda Civic Sedan.

Meski begitu harus kami akui, Civic dengan format bodi hatchback ini sukses memberikan kemasan ‘bokong’ yang lebih dinamis. Tambahannya terpasang 2 spoiler sekaligus. Masing-masing di bagian atas dan di bawah kaca belakang.

Urusan tampang keseluruhan reinkarnasi Honda Estillo ini juga jauh lebih modern. Tengok saja bumper depan dan belakang bergaya sarang lebah dengan ukuran lebih besar.

SEXY 3Selalu menyenangkan untuk berada di kabin mobil Honda, termasuk di Civic Hatchback satu ini. Posisi duduk rendah, dengan visibilitas yang tetap terjaga membuat kita seakan bisa menyatu dengan mobil ini.

Hal menarik datang dari jok penumpang depan. Jika pada sedan pengaturan reclining dan sliding dilakukan secara manual, di Civic Hatchback ini pengaturannya sudah elektris.

Tidak ada perbedaan signifikan dengan layout dasbor yang disuguhkan versi sedan. Namun jika dilihat seksama meski head unit layar sentuh di Civic Sedan dan versi Hatchback ini serupa dan berukuran 7 inci. Pada Civic Hatchback bingkainya dibuat lebih kecil.

Tapi tenang, soal kualitas tata suara audio terdengar mumpuni. Bahkan hingga dibagian pilar B sudah tertanam tweeter tambahan hingga membuat lantunan suara audio terdengar renyah.

SEXY 4Untuk menunjang kenyamanan berkendara, fitur di head unit tersaji lengkap. Mulai dari GPS navigasi, telefoni Bluetooth, DVD player, sampai sambungan USB dan HDMI.

Kini waktunya mengajak Civic Hatchback ini bersenang-senang. Mobil ini masih sama menggunakan mesin 1.498 cc 4 silinder turbo bertenang 173 dk dan torsi 220 Nm.

Saat diajak bermanuver kencang pun Civic Hatchback terasa meyakinkan. Karakter Honda yang cenderung rigid suspensinya memberi dampak positif saat membelok di kecepatan tinggi sekalipun.

Enggak butuh putaran setir berlebih karena cukup dengan putaran ringan saja mobil bereaksi mengikuti perintah pengemudi. Akurasi setir juga oke dengan feedback yang riil.

Dan sama seperti Civic sedan, mobil ini juga mengusung transmisi otomatis CVT. Yang kami rasakan penghantaran tenaga bisa berjalan begitu bertenaga. Hal inilah yang berkontribusi memberi efek efisiensi BBM yang prima.

[MNR]

About pekik udi irianto 2282 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present