Inovasi Cerdas Wuling Almaz 7-Seater Dengan Hadirkan Fitur Wuling Indonesian Commands (WIND)

Foto: Istimewa

AFTERMARKETPLUS.id – Setelah kami melihat langsung Wuling Almaz 7- seater, kini kami akan melakukan first drive. Selain penambahan kursi, Wuling Almaz kini dilengkapi dengan fitur unggulan, yaitu Wuling Indonesian Commands (WIND).

Selain itu, desain speedometer juga baru. Kini speedometer mobil tercanggih dan termurah di kelasnya berwarna. Karena pada bagian mesin masih sama, maka kali ini kami tidak akan membahas performa mesin, rasa berkendara dan lain-lain. Jika ingin mengetahui hal tersebut, kalian bisa baca di website kesayangan kamu ini.

Eksteriornya juga masih terlihat sama. Untuk versi 7 seater ini, Wuling Almaz sudah dilengkapi lampu reflector memanjang pada difuser bagian belakang.

Masuk ke dalam kabinnya, kini speedometer lebih terlihat modern. Desainnya makin keren dan terlihat informatif. Nah yang paling unik adalah kini mobil ini sudah dilengkapi WIND.

Kita dapat memerintah mobil melalui voice command dalam bahasa Indonesia. Sehingga meminimalisir terjadi kesalahan lisan.

Pengoperasiannya juga gampang. Kita dapat memencet tombol voice command yang berada di setir ataupun layar sentuh sebesar 10.4 inci yang berada di console bagian tengah. Selain itu kita juga dapat langsung berbicara “Halo Wuling”.

Fitur apa saja kah yang dapat dioperasikan oleh WIND?

Ada banyak fitur yang dapat dioperasikan oleh WIND. Yaitu membuka dan menutup jendela supir dan sunroof, mengatur volume music, menampilkan aplikasi pada layar sentuh seperti tekanan angin ban, mengatur AC, memutar lagu, dan lain – lain.

Saat kami menyebut, “halo wuling”, maka WIND akan menjawab “halo”. Setelah itu kita tinggal perintahkan saja kemauan kita. Contoh kita bilang, “buka sunroof”. Maka sunroof langsung terbuka. Jeda antara WIND menerima perintah sampai melakukan perintah tersebut terbilang cukup cepat. Kurang lebih sekitar setengah detik.

Ada juga perintah yang bisa langsung diucapkan tanpa harus bicara “halo wuling”, seperti menurunkan dan menaikan suhu AC, membuka dan menutup sunroof dan jendela, dan lain-lain.

Sangat luar biasa kini kami dapat menemui fitur seperti ini di mobil seharga Rp 300 jutaan. Memang belum ada harga resmi untuk mobil ini. Harga akan dirilis saat peluncuran resmi nanti di GIIAS 2019.

Setelah mencoba fitur WIND yang luar biasa, kami mencoba duduk di baris keduanya. Duduk di baris kedua masih sama rasanya seperti versi sebelumnya.

Kami dapat memaju mundurkan kursi dan merebahkan senderannya. Lalu untuk masuk ke baris ke tiga, kursi di baris kedua dapat dengan mudah kami lipat.

Konfigurasi jok di baris ketiga bisa dilipat 50:50. Kedua jok tersebut juga bisa dilipat serata lantai sehingga penumpang bisa mendapat ruang bagasi lebih luas dan cukup nyaman.

Konfigurasi Jok baru itu memodifikasi posisi ban cadangan yang ada pada Almaz versi sebelumnya. Ban cadangan yang tadinya ada di bagasi belakang, kini dipindah ke kolong mobil.

Menurut kami, mobil ini luar biasa. Dengan harga hanya Rp 300 jutaan, konsumen bisa mendapatkan fitur layaknya mobil premium harga miliaran dikelasnya keluaran Jerman seperti BMW.

[GLG]

About Gilang Budiman 455 Articles
Organisation Experience Honda Civic Indonesia (2002) BMW CAR CLUB INDONESIA (2009-now) Mercedes Benz Club Indonesia (2014-now) Testing driver Ferrari F12, Bmw i8, Bentley, Lotus Elise, Lotus Exige, etc (2011-now) Auto bild magazine (2011 - 2015) Car Review, Otodriver, Car moto (2015-2016 ) Senior Editor aftermarketplus.id (2016-)
Contact: Website