Suzuki Baleno Hatchback MT: Fiturnya Sudah Komplit?

Foto: aftermarketplus.id

AFTERMARKETPLUS.id – Suzuki Baleno digadang Suzuki sebagai ‘The Complete Hatchback’. Kami mengujinya secara langsung untuk membuktikan sesumbar Suzuki pada salah satu hatchback terbarunya itu.

BAL6Suzuki memang rajanya mobil tak berbuntut (hatchback). Ia punya Karimun Wagon R, Ignis, SX4 S-Cross sampai si legendaris Jimny. Dulu bahkan lebih banyak lagi, ada Splash, Karimun Estilo dan lainnya.

Mungkin berniat mengekor kesuksesan mobil-mobil mungil itu, Baleno yang aslinya berwujud sedan ditransformasi ke bentuk hatchback. Positifnya, harganya bisa di bawah Rp 200 juta. Karena sedan di Indonesia dikenai pajak yang lebih mahal.

Harganya ini sangat kompetitif. Kompetitor sekelasnya mayoritas dijual di atas Rp 200 juta. Toyota Yaris dijual Rp 232,4 juta – Rp 274,4 juta dan Honda Jazz dijual mulai Rp 232,5 juta sampai Rp 272,5 juta.

Begitupun dengan Nissan March 1.5 yang juga dijual di atas Rp 200 juta. Lantas dengan harganya yang lebih murah apa benar hatchback ini memiliki fitur yang lebih komplit dibanding kompetitornya itu?

Awalnya kami agak pesimis. Tapi begitu masuk ke dalam kabin dan duduk di kursi pengemudi, perlahan pandangan negatif itupun mulai pudar. Saat mencari lubang kunci kontak kami malah dikejutkan oleh tombol start-stop untuk menghidupkan dan mematikan mesin.

BAL8Pantas saja tadi di handle pintu luar ada tombol kotak kecil berwarna hitam. Ternyata Baleno sudah pakai push start-stop button dan smart entry keyless (memang biasanya kedua fitur ini tak terpisahkan). Padahal unit yang kami uji ini bertransmisi manual alias tipe terendahnya yang dijual Rp 195 juta.

Ketakjuban kami tak berhenti sampai di situ. Material kulit yang membalut lingkar kemudi memberi kesan tersendiri saat digenggam. Ketika mencari posisi duduk yang pas, kami semakin terpana. Posisi setir bisa diatur secara tilt & telescopic dan posisi duduk pun selain bisa digeser maju-mundur dan direbahkan, dilengkapi pula dengan pengatur ketinggian.

Boleh juga nih mobil. Apalagi di dashboard tertanam head unit layar sentuh. Pasalnya dulu saat peluncurannya di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017, kami sempat mengintip interiornya yang masih memakai head unit tipe 2-DIN belum layar sentuh.

Memang Suzuki menjual head unit layar sentuh ini secara terpisah dengan harga sekitar Rp 7 juta. Prediksi kami, Suzuki sengaja melengkapi unit yang kami uji dengan sistem multimedia touchscreen ini.

BAL15Head unit audio miliknya bisa memutar format video lewat USB dan menyediakan beragam konektivitas mulai dari Auxiliary, iPod, Bluetooth sampai HDMI. Colokan HDMI yang tersembunyi di glove box (laci penumpang depan) bisa dihubungkan ke smartphone lewat konektor khusus.

Setelah terhubung dengan smartphone, head unit miliknya ini bisa menirukan persis apa yang ditampilkan layar smartphone, termasuk internet dan navigasi. Sayang fitur kamera parkir tak dilengkapi Suzuki. Padahal kalau kami lihat di bagian belakang, sudah disediakan tempat untuk menaruh kamera parkir. Untungnya tersedia sensor parkir.

Kualitas audio yang disajikan oleh speaker memang biasa saja. Tapi pengaturan audio bisa dilakukan dengan mudah lewat audio steering switch. Di lingkar kemudinya yang berbalut kulit ini pun terdapat tombol pengaturan Bluetooth.

Kalau smartphone telah terhubung melalui Bluetooth, anda bisa menerima dan melakukan panggilan telepon lewat tombol tersebut. Menariknya lagi, di balik lingkar kemudi tersedia panel instrumen dengan digital Multi Information Display (MID) yang interaktif.

Tak hanya bisa menyimpan dan menampilkan catatan konsumsi bahan bakar, MID Baleno dapat menampilkan informasi tenaga dan torsi yang diproduksi mesin saat berkendara.

Fitur ini mirip power display pada mobil sekelas BMW. Wow!

[MNR/SAT]

About pekik udi irianto 932 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present