Test Drive: All-New Jimny Asyik Diajak Offroad

pekik udi irianto | 01 Oct 2019

Full Width Image

AFTERMARKETPLUS.id – Setelah peluncurannya di GIIAS 2019 pada bulan Juli lalu, terlihat sederet pembaruan sudah menyertai Jimny generasi keempat sehingga ia mampu menjadi magnet tersendiri.

Dari mulai bagian eksterior yang kini lebih mengotak jika dibandingkandengan Jimny generasi ketiga.

Tentu semua ini membuat penasaran, termasuk kami untuk merasakan secara langsung secanggih dan setangguh apa All-New Jimny yang merupakan mainan baru PT Suzuki Indomobil Sales (SIS).

Gayung bersambut, aftermarketplus.id beruntung mendapat kesempatan dari SIS untuk menjajal All-New Jimny di sirkuit offroad, Tangerang (30/9).

Trek offroad sepanjang 1 km, dibuat dengan berbagai kondisi jalan yang menantang. Seperti jalan bergelombang dengan lubang yang lumayan besar, lalu tanjakan dengan kemiringan sekitar 45 derajat dan turunan curam, lintasan lurus serta beberapa tikungan patah.

Ada 2 unit All-New Suzuki Jimny Sierra warna kuning dan hijau army dalam kondisi standar bertransmisi manual dan otomatis yang siap diajak main tanah. Kami langsung penasaran dengan All-New Jimny bertransmisi manual 5 percepatan.

Tak menunggu lama, masuk ke kabin All-New Jimny dengan aura minimalis untuk kami setinggi 173 cm cukup mudah. Posisi dudukpun cukup nyaman, hanya saja dengan tubuh yang sedikit bongsor perlu adaptasi sebentar, agar tangan tidak kepentok pintu ketika melakukan pergerakan pada saat belok.

Baca juga: http://aftermarketplus.id/aktual/suzuki-indonesia-dapat-sinyal-positif-dari-principal-pertanda-jimny-diproduksi-lokal

Nah, karena All-New Suzuki Jimny juga dikenal sebagai mobil All Grip yang di transmisi ada pilihan 2H, 4H dan 4L, melahap area test drive sangat mudah. Apalagi dengan mengusung mesin 1.462cc 4 silinder yang menghasilkan tenaga 102 dk dan torsi 130 Nm di 4000 rpm.

Asyiknya lagi, selain bertenaga dan nyaman saat melibas berbagai kondisi jalan offroad, pada saat berbelok di tikungan yang cukup tajam, All-New Jimny lumayan lincah. Karena SUV ini memiliki dimensi panjang 3.654 mm, lebar 1.645 mm dan tinggi 1.725 mm.

O ya, pada saat kami melibas tanjakan terjal dan turunan curam, tentu fitur Hill Hold Control dan Hill Descent Control kami aktifkan.

Setelah puas mengendarai Jimny Sierra, kami penasaran untuk merasakan sebagai penumpang. Akses masuk hanya tersedia melalui pintu penumpang di kiri. Tinggal tarik satu tuas, maka jok penumpang depan akan reclining ke depan dan bisa dimajukan sebagai akses masuk.

Duduk di jok baris kedua ternyata juga cukup nyaman. Ruang kaki dan ruang kepala cukup luas, juga dengan headrest yang bisa disetel biar saat perjalanan jauh menjadi lebih nyaman.

Kesimpulannya, All-New Jimny selain cocok buat mobil perkotaan yang lincah, juga enak diajak main tanah dengan kondisi yang cukup ekstrem.

SIS membanderol mobil ini dengan harga On the Road (OTR) Jakarta sebesar Rp 315,5 juta untuk varian single tone MT, Rp 317,5 juta untuk varian two tone MT, Rp 328 juta untuk varian single tone AT, dan terakhir Rp 330 juta untuk varian two tone AT.

[MNR]

#All-New Suzuki Jimny #Harga All-New Suzuki Jimny #Test Drive All-New Jimny

...
Author : pekik udi irianto > 2892 Articles

Pekik Udi Irianto mengenyam pendidikan di Vrije Academie voor de Beeldende Kunsten, The Haque, NL. Memulai karir di bidang otomotif sejak: 1994 : Fotografer Tabloid Otomotif. 2001 : Redaktur Foto Tabloid Otosport. 2003 : Redaktur Foto Majalah Auto Bild Indonesia. 2015 : Pemimpin Redaksi aftermarketplus.id.

Comment (0)

List Comment

No Comment