Test Drive : All-New Mazda3 Manjakan Pengemudi Dengan Fitur Terkini

Foto: aftermarketplus.id

AFTERMARKETPLUS.id – Setelah peluncuran perdananya di Los Angeles Auto Show bulan November tahun lalu, aftermarketplus.id mendapat kesempatan istimewa untuk menjajal amunisi terbaru PT Eurokars Motor Indonesia, yaitu All-New Mazda3 yang telah dibekali dengan segudang fitur.

Pagi itu (9/7) di sebuah café di kawasan Jakarta Selatan, terlihat All-New Mazda3 Hatcback dan All-New Mazda3 Sedan tampak berjejer rapi.

Kami langsung terpikat dengan sosok All-New Mazda3 Hatcback yang terlihat Sporty dan Agresif dengan desain lampu depan yang berbeda menunjukkan evolusi desain KODO. Uniknya Mazda tidak menghadirkan lampu kabut di mobil ini.

Tampilan eksteriornya semakin garang dengan ukuran ban 215/45 R18, dari samping All-New Mazda3 Hatchback berkapasitas 5 orang penumpang ini juga terlihat lega dengan panjang 4,460 mm lebar 1,795 mm dan tinggi 1,435 mm.

Masuk ke dalam kabin All-New Mazda3 Hatchback, tampilan kokpit yang simetris secara horizontal dengan pengemudi membuat semakin nyaman mengendarai mobil ini, apalagi ditopang dengan posisi duduk yang nyaman.

Tombol-tombol pengaturan AC dan aksen di bagian depan penumpang terintegrasi mulai dari sisi kanan dan kiri semuanya dalam jangkauan serta interior warna Burgundy yang eksklusif dengan material kulit membuat semakin betah duduk di hatchback ini.

Selanjutnya kelengkapan informasi di layar MID dengan layar lebar sebesar 8,8 inci di dasbor. Beragam fitur dapat diatur via tombol pusat kendali. Salah satunya melalui layar ini, sistem audio All-new Mazda3 juga dikendalikan dengan 8 speaker 3-way termasuk sebuah woofer dengan mudah.

Salah satu keunggulan dari All-New Mazda3 yang kami rasakan ketika menyusuri kepadatan lalu lintas di Jakarta, yaitu Kabin All-new Mazda3 telah dirancang dengan filosofi human-centric milik Mazda.

Membuat kami dapat menikmati pengendaraan tanpa hilang konsentrasi, sementara para penumpangnya tetap merasa nyaman dan menikmati perjalanan. Mazda telah menerapkan berbagai teknologi terkininya untuk merancang posisi mengemudi, visibilitas, Human-Machine Interface (HMI).

Selain itu, beberapa fitur lainnya seperti Teknologi  i-Activsense, MRCC (Mazda Radar Cruise Control) yang bekerja dalam kisaran kecepatan yang telah ditentukan mulai dari 30 km per jam, MRCC secara otomatis menyesuaikan dan mempertahankan jarak aman dengan mobil di depannya, sehingga mengurangi sebagian beban kami saat mengemudi pada perjalanan panjang atau di jalan tol.

Sistem ini juga dilengkapi dengan Distance Recognition Support System (DRSS) yang secara visual menunjukkan jarak dengan mobil di depannya untuk mempertahankan kewaspadaan pengemudi akan pentingnya keselamatan.

Fitur ini sempat kami coba di jalan tol Jagorawi, sangat menyenangkan mengendarai pada mode ini.

Konsep Mazda terhadap kenyamanan tetap dipertahankan pada All-New Mazda3 Hatchback. Kabin tetap terasa senyap, begitu pun dengan ayunan suspensi yang terasa lembut dalam melibas jalan berlubang sekalipun.

Mesin Skyactiv-G berkapasitas 2.0 liter ini mampu menghasilkan tenaga hingga 153 hp di 6.000 rpm dan torsi sebesar 200 Nm pada 4.000 rpm.

All-New Mazda3 Hatchback benar-benar menunjukkan tajinya, ketika sempat kami geber dikecepatan 140 km/jam di jalan tol, laju kendaraan masih sangat nyaman. Injakan pedal rem tetap terasa ringan dan pengemudi dapat mengukur traksi ban dengan baik.

So, Anda berjiwa muda dan suka dengan kecepatan, All-New Mazda3 Hatchback layak untuk dipertimbangkan.

[MNR]

About pekik udi irianto 1262 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present