Test Drive: New Nissan X-Trail Kini Mampu Bersaing dengan Mazda CX-5

Foto: aftermarketplus.id

AFTERMARKETPLUS.id – Pertama kali diluncurkan tahun 2014 akhir, kini sudah saatnya Nissan memberikan pembaharuan pada SUV legendaris mereka, X-Trail.

Kami mendapatkan unit tes nya untuk diulas, unit yang kami dapatkan adalah yang bermesin 2.500 cc dengan tipe VL. Karena ini merupakan versi facelift, jadi kami hanya akan mengulas fitur-fitur terbarunya saja, karena fitur lainnya masih sama seperti generasi pre faceliftnya.

Eksterior
Sekilas, kami melihat tampilan eksteriornya tidak terlalu berbeda dari generasi sebelumnya. Tapi saat diperhatikan secara detail, ternyata Nissan X-Trail facelift ini mempunyai desain bemper depan yang jauh lebih keren.

Desain bemper depannya sekarang mempunyai desain mengotak yang menjadi rumah fog lampnya. Grill depan berbentuk “V” kini lebih memanjang kebawah sedikit.

Lalu lampu depannya juga semakin keren dengan diadopsinya dua projector yang sekaligus berfungsi sebagai high beam assist. Sehingga lampu besarnya dapat menyala dan mati secara otomatis sesuai kebutuhan.

Sayang desain day time running lightnya masih sama seperti generasi sebelumnya. 

Bagian belakangnya kini juga mempunyai desain lampu belakang yang jauh lebih keren. Lampu belakangnya juga sudah mengadopsi teknologi LED dengan desain bergaris.

Desain bemper belakangnya masih terlihat mirip dengan generasi pre faceliftnya. Tapi yang berbeda, kini bagasinya dilengkapi dengan sensor kaki. Sehingga kita dapat membuka bagasi hanya dengan mengayunkan kaki di bagian tengah bawah bemper.

Melihat bagian atapnya, kini X-Trail sudah dilengkapi dengan panoramic sunroof. Peleknya juga mengalami perubahan. Kini pesaing Mazda Cx-5 ini sudah dilengkapi dengan pelek berukuran 19 inchi  yang dibalut dengan ban berukuran 225/55 R19.

Interior
Ada sedikit yang berbeda pada interior Nissan X-Trail facelift ini. Desain dasbornya kini lebih elegan dengan adanya motif jahitan pada bagian penumpang. Bahan yang digunakan juga masih menggunakan bahan soft touch.

Setir dengan desain palang tiganya kini bermodel flat bottom sehingga menambah kesan sporty. Tombol pada setirnya pun juga makin keren. Sekilas mirip seperti desain tombol setir pada Mercedes Benz C-Class facelift W204.

Menu pada speedometer hampir mirip dengan generasi prefacelift, namun generasi faceliftnya ini mempunyai desain speedometer yang sedikit berbeda. 

Lalu yang membedakan lagi adalah desain head unitnya. Kini head unitnya sudah memiliki menu Android dan iPhone car play, serta bluetooth audio. Sementara menu lainnya seperti bird eye view camera sudah ada pada generasi pre faceliftnya. Pada pilar A nya, dibagian cover spion kanan dan kiri bagian dalam, terdapat lampu yang terkoneksi dengan fitur line assist.

Rasa Berkendara
Rasa berkendaranya masih sama persis seperti generasi pre faceliftnya. Karena mesinnya pun juga masih sama, yaitu berkapasitas 2.500 cc 4 silinder yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 171 dk dan torsi sebesar 240 Nm. Transmisi yang digunakan adalah CVT. 

Nah yang membedakan, kini X-Trail sudah diadopsi fitur intelligent cruise control. Terdapat radar pada logo Nissan di bemper depan yanng berfungsi untuk mengontrol kecepatan secara otomatis.

Sehingga mobil dapat menyesuaikan kecepatan dengan mobil depannya agar jarak antara mobil sesuai dengan pengaturan yang sudah ditetapkan secara otomatis.

Lalu terdapat juga fitur intelligent forward collision warning dan emergency breaking. Ini sangat berguna saat kami melaju di tol dan tanpa sengaja menginjak garis jalur dijalan. Otomatis lampu peringatan yang berada di speedometer dan pilar A menyala.

Selebihnya, mengenai bantingan suspensi, efisiensi bahan bakar, dan lainnya kami tidak mengulasnya karena masih sama persis dengan generasi pre faceliftnya.

Kesimpulan
Karena pesaingnya memberikan fitur yang lebih lengkap, maka, akhirnya Nissan meluncurkan X-Trail facelift ini. Kini fiturnya pun tidak kalah dengan Mazda CX-5.

Bahkan ada beberapa fitur yang lebih canggih. Alhasil kini harga X-Trail naik hampir Rp 100 juta. Versi faceliftnya ini kini dibanderol dengan harga Rp 530 juta.

Tapi menurut kami cukup worthed. Selain semakin lengkapnya fitur tersebut, kita tetap harus ingat bahwa setengah kebawah, ini merupakan Renault Kaleos. Terdapat fitur keselamatan seperti chassis control, dan lain-lain.

Tapi kita bisa mendapatkan sebuah mobil dengan teknologi mobil Eropa, tapi dengan harga yang terjangkau.

[Gilang Budiman]

About Gilang Budiman 489 Articles
Organisation Experience Honda Civic Indonesia (2002) BMW CAR CLUB INDONESIA (2009-now) Mercedes Benz Club Indonesia (2014-now) Testing driver Ferrari F12, Bmw i8, Bentley, Lotus Elise, Lotus Exige, etc (2011-now) Auto bild magazine (2011 - 2015) Car Review, Otodriver, Car moto (2015-2016 ) Senior Editor aftermarketplus.id (2016-)
Contact: Website