Tidak Sekadar Mewah dan Besar, Hyundai H-1 Royale CRDi Juga Asyik Dikendarai Sendiri

Foto: aftermarketplus.id

AFTERMARKETPLUS.id – Sebelumnya kami sudah mengungkap betapa mewah desain eksterior dan interior Hyundai H-1 Royale CRDi. Duduk di kabin mobil ini, Anda akan dijamu bak eksekutif dengan berbagai fitur komplit juga nyaman.

HH2Nah setelah puas jadi penumpang, kami juga kepincut untuk mengendarai High MPV bertubuh bongsor ini. Untuk lihat sejauhmana ia bisa membuat kami terkesima dengan pengendaliannya.

Akses masuk ke jok pengendara mudah. Meski tinggi, ada pijakan kaki sehingga memudahkan akses duduk ke ruang pengemudi. Disini kami disambut jok yang sudah terbungkus kulit.

Posisi duduk memang agak tinggi, namun terasa ergonomis. Sementara visibilitas yang disuguhkan dari kaca depan tergolong luas sehingga mudah memantau kondisi kendaraan yang ada di depan maupun di sekitar Anda.

HH4Melongok keseluruhan ruang depan, yang tersaji ialah desain dasbor minimalis kombinasi warna hitam dan silver. Meski simpel, Anda tidak boleh mengabaikan material lembut yang membungkus dasbor ini hingga terkesan mewah.

Di dasbor juga terdapat kompartemen tertutup berukuran besar. Ada laci di sisi penumpang depan, kemudian kompartemen terbuka di dekat tuas transmisi, dan juga laci kecil tertutup untuk menempatkan koin rupiah.

Bahkan akomodasi di ruang pengendara tidak selesai sampai disitu. Karena pintunya besar maka disuguhkanlah rongga bertingkat di door trim pintu untuk tempat menyimpat tablet, smartphone ataupun buku. Sementara di bawahnya berfungsi sebagai cup holder.

Di kabin depan, H-1 bisa menampung hingga tiga orang penumpang. Tapi jika tidak dibutuhkan, jok tengah di bagian depan bisa dilipat dan bisa beralih fungsi jadi tempat penyimpanan atau sekadar arm rest.

HH3Putar kunci kontak, raungan mesin diesel berkapasitas 2.497cc 4 silinder CRDi langsung meraung. Namun kekedapan kabin H-1 sukses mengisolasi suara khas mesin diesel hingga terdengar sayup-sayup saja.

Mesin ini mampu merilis tenaga 170 dk dan torsi melimpah hingga 441 Nm! Bukan sekadar data teknis, respon torsi yang besar ini membuat performanya juara. Apalagi kalau bukan aplikasi Variable Geometry Turbo (VGT).

VGT inilah yang membuat respons torsi mulai terasa sejak rpm rendah. Cukup injak sedikit pedal gas maka mobil akan melaju dengan mudah.

Dan khusus di H-1 Royale CRDi ini, transmisi menggunakan 5 percepatan otomatis dengan triptonic. Jadi kalau Anda ingin bermanuver secara manual, Anda bisa menggeser tuas transmisi untuk naik-turunkan gigi transmisi.

Dimensi H-1 nyaris 2 meter, tapi yang kami rasakan body roll tergolong minim. Kenyamanan sedikit berkurang karena bantingan yang lebih keras meski harus diakui urusan handling mobil sebongsor ini tetap mudah dan mantap dikendalikan.

[MNR]

About pekik udi irianto 927 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present