Test Drive : Who’s 3 Series?

Foto: aftermarketplus.id

AFTERMARKETPLUS.id – Setelah diperkenalkan tahun 2018 lalu, akhirnya kami mendapatkan kesempatan untuk me-review Mercedes Benz C-Class W205 facelift.

Unit yang kami review adalah sebuah entry level untuk C-Class, yaitu C200 EQ Boost Avandgarde. C-Class generasi ke-4 ini mengalami banyak perubahan dari pendahulunya.

Dulu, jika kita lihat perubahan dari tiap generasi C-Class mulai dari W202 ke W203, rasa berkendaranya tidak terlalu banyak berubah. Baru dari W203 ke W204 kami mencoba perubahan rasa berkendara yang lumayan signifikan.

Nah sekarang, dari W204 ke W205, kami merasa perubahan yang luar biasa, baik dari sisi fitur dan rasa berkendaranya. W205 menjadi jauh lebih canggih.

Eksterior

Melihat eksteriornya, bentuknya masih sama seperti W205 pre facelift. Tapi versi faceliftnya ini mempunyai desain lampu, bemper hingga pelek yang terlihat lebih mewah.

Lampu depannya kini sudah dilengkapi teknologi LED High performance multi-projector yang seakan terpisah garis di bagian tengah. Menurut kami, desain ini sangat elegance. Lampu bagian belakangnya kini mempunyai desain LED berbentuk huruf C yang terlihat 3D.

Desain 

Desain bagian bemper depan dan belakang versi Avandgarde pun terlihat sangat sporty dan tak kalah keren dari versi AMG Line.

Peleknya kini mempunyai desain multispoke dengan warna bicolor, sehingga menambah kesan sporty. Pelek berukuran 18 inci itu kini dibalut dengan ban merek Michellin dengan ukuran 245/40.

Interior

Masuk ke dalam interiornya, kami merasakan fitur dan teknologi yang sangat berlimpah.

Kini sedan yang sekarang sudah bukan merupakan entry level Mercy lagi pun tertular sang kakak, E-Class, yang mendapat fitur-fitur canggih seperti ambient lighting interior yang bisa diubah menjadi 64 warna dan tombol start/stop engine yang terintegrasi langsung.

Fitur baru lainnya termasuk passive keyless entry, kamera mundur, 6 sensor parkir di depan dan 6 di belakang. Sayang C200 belum dilengkapi dengan kamera 360.

Begitu juga head unit baru berukuran 10,25 inci yang mendapatkan user interface baru dan Apple CarPlay dan Android Auto.

Kerennya lagi, W205 pun mendapatkan instrument cluster full digital yang dapat diubah menjadi tiga tema berbeda, yaitu; Sporty, Classic dan Progressive.

Bedanya dengan E-Class dan S-Class, layar instrument cluster ini tidak digabung menjadi satu layar memanjang dengan head unit.

Jok yang terbungkus bahan kulit kelas wahidnya pun kini juga dilengkapi penggerak elektris  dengan tiga memori. Bagian support paha pada jok juga sudah dibisa diatur secara elekris. Pengaturan setir naik turun dan maju mundur pun juga menggunakan penggerak elekris.

Pada bagian console tengah masih mirip dengan versi prefacelift. Terdapat tombol bulat besar untuk mengatur system infotainment yang ada di layar tengah tersebut.

Anda juga bisa mengoperasikan sistem infotainment tersebut melalui touchpad dengan kontroler berteknologi baru, yaitu umpan balik haptic, di konsol tengah.

Bahkan, Anda juga dapat menggunakan kontrol suara Linguatronic untuk memberikan perintah pada mobil ini. Lalu di console tengahnya terdapat juga tombol pengaturan mode berkendara dan tombol fitur parking pilot.

Kini setirnya terdapat touchpad pada bagian kiri dan kanan palangnya untuk mengoperasikan fitur-fitur yang berada di speedometer dan layarnya.

Untuk varian C200 EQ Boost kini menggunakan panel kayu Oak Antharcite jenis open-pore di dasbor dan door trim.

Dengan kecanggihan yang ditawarkan harga Rp 865 juta off the road Jakarta, menurut kami C-Class paling worth to buy di kelasnya.  

Ingin mengetahui kecanggihan mesin dan rasa berkendaranya? Simak terus aftermarketplus.id kesayangan Anda!

[Gilang Budiman]

About Gilang Budiman 363 Articles
Organisation Experience Honda Civic Indonesia (2002) BMW CAR CLUB INDONESIA (2009-now) Mercedes Benz Club Indonesia (2014-now) Testing driver Ferrari F12, Bmw i8, Bentley, Lotus Elise, Lotus Exige, etc (2011-now) Auto bild magazine (2011 - 2015) Car Review, Otodriver, Car moto (2015-2016 ) Senior Editor aftermarketplus.id (2016-)
Contact: Website