Test Drive: Fitur Selayaknya Mobil Eropa, MG ZS Paling Terjangkau Dikelasnya!

Foto: aftermarketplus.id

AFTERMARKETPLUS.id – Setelah kami melihat eksterior dan interiornya, kini saatnya kami mengendarai mobil ini. Sama seperti mobil masa kini, untuk menyalakan mesinnya, kita tinggal menginjak pedal rem sembari menekan tombol start/stopnya.

Tak sabar, kami pun segera membawanya mengarungi jalanan Jakarta yang macet. Menurut kami tenaga mesinnya biasa saja. MG mengadopsi mesin 15S4C DOHC berkubikasi 1.500cc VTi-TECH yang memiliki tenaga maksimal 114 PS pada 6.000 rpm dan juga torsi maksimal 150 Nm pada 4.500 rpm.

Untuk transmisi, SAIC Motor Indonesia, APM MG di Tanah Air hanya menawarkan MG ZS dalam opsi transmisi otomatis 4 percepatan yang juga dibekali dengan manual mode. Wajar jika rasa berkendaranya tidak terlalu menyenangkan.

Meskipun begitu, mobil ini cukup irit bahan bakar. Untuk rute dalam kota, MID berhasil mencatat 1:11,7 km/L. Sementara untuk rute tol 1:14,4 km/L.

Saat melewati jalan rusak, bantingan suspensi mobil ini cukup keras. Biasanya mobil yang bantingan suspensinya keras mempunyai pengendalian yang baik. Sayang MG ZS tidak mempunyai pengendalian yang baik.

Saat kami mencoba menikung, gejala body roll cukup terasa. 
Meski begitu, kita dapat memilih 3 mode EPS pada steernya agar steer dapat dibelokan sesuai dengan selera kita. Di mode tersebut kita dapat mengatur ringan dan beratnya putaran steer MG ZS. 

Baca juga: http://aftermarketplus.id/review/test-drive-menjajal-mg-zs

Kami cukup terhibur dengan system entertaimentnya. Suara speakernya cukup baik. Kami juga termudahkan dengan hadirnya fitur-fitur masa kini di head unitnya. Selain itu, MG ZS sudah mempunyai fitur auto lamp. Sehingga saat gelap tiba, lampu depan mobil ini menyala secara otomatis.

Hadirnya panoramic juga semakin membuat kita betah mengendarai mobil ini. Sistem pengeremannya juga cukup baik, karena untuk pengereman, keempat roda MG ZS sudah menggunakan cakram, namun hanya sisi depan yang ventilated.

Selain itu, tombol di console mobil diterangi oleh lampu saat malam hari. Sehingga kita tidak kesusahan jika harus mengatur pengaturan pada mobil di malam hari. Dan yang saya suka, mobil ini mempunyai fitur auto lock saat mobil sudah berjalan pada kecepatan tertentu.

Dan saat berhenti, kita cukup membuka pintu saja, maka kunci pintu otomatis terbuka seperti pada mobil-mobil khas Eropa. Sehingga aksesbilitas kita cukup mudah. 

Kesimpulan
Dengan harga Rp 289,8 juta, luar biasa Anda sudah bisa mendapatkan mobil dengan fitur yang sangat lengkap dikelasnya. Memang menurut kami, mobil ini tidak terlalu nyaman dikendarai karena bahan pada joknya yang cukup keras,tenaga mesinnya yang kurang responsive, suspensi yang keras dan pengendalian yang buruk. 

Tapi semua itu dapat diterima karena tentu pilihan mobil di rentang harga Rp 200 jutaan hampir semua memiliki karakter yang mirip. Meski begitu MG ZS cukup worthed untuk mengisi garasi rumah Anda.

[Gilang Budiman]

About Gilang Budiman 516 Articles
Organisation Experience Honda Civic Indonesia (2002) BMW CAR CLUB INDONESIA (2009-now) Mercedes Benz Club Indonesia (2014-now) Testing driver Ferrari F12, Bmw i8, Bentley, Lotus Elise, Lotus Exige, etc (2011-now) Auto bild magazine (2011 - 2015) Car Review, Otodriver, Car moto (2015-2016 ) Senior Editor aftermarketplus.id (2016-)
Contact: Website