Test Drive: Menjajal MG ZS

Foto: aftermarketplus.id

AFTERMARKETPLUS.id – Diluncurkan akhir Maret 2020 lalu, kini kami mendapat kesempatan untuk mereview MG (Morris Garage) ZS. Sebagai sebuah merek baru yang hadir di Indonesia, MG merupakan pabrikan mobil asal Inggris. MG diakuisisi oleh Shanghai Automotive Industry Corporation (SAIC) setelah pabrikan tersebut menyatakan kebangkrutan.

Kini pabrikan asal Inggris tersebut kembali mendunia berkat suntikan dana dari SAIC. Jadi MG berada dalam grup yang sama dengan Wuling Indonesia.

Debut global ZS dilaksanakan di ajang Guangzhou Auto Show 2016 China, yang kemudian pertama kali dijual secara resmi di tiga negara pada tahun 2017, yaitu Inggris, Cina, dan Thailand.

Lantas seperti apakah mobil ini?

Eksterior
Melihat dari depannya, mobil ini mempunyai desain yang modern. lampu depan MG ZS sudah mengusung teknologi LED dengan desain daytime running light yang mirip sekali dengan Mazda CX5.

Begitu juga dengan desain grill depan yang lebar nyaris menyerupai grill depan Mazda CX5. Desain bemper depannya terlihat cukup sporty dengan grill warna hitam diantara kedua lampu kabutnya.

Melihat bagian sampingnya, MG ZS menggunakan pelek palang 5 dengan model dual tone yang berukuran17 inci. Sayang ukuran bannya kurang tebal, yaitu 215/50/R17. Sehingga mobil terlihat tidak proporsional.

Spionnya sudah ada lampu sein dan ada side body moulding berwarna hitam yang menyambung ke depan dan belakang serta krom sebagai pemanis. Di jendela samping juga terdapat krom di sisi bawah garis jendela yang memberi kesan manis.

Roof Rail juga diberikan di mobil ini. Pindah ke sisi belakang, MG ZS dibekali dengan wiper belakang, rear defogger dan antena model shark fin. Lampu belakangnya bentuknya melebar dan berukuran besar, dan bumper belakangnya dihiasi dengan krom dan skid plate berwarna silver.

Logo MG yang besar juga diposisikan di tengah pintu belakangnya. Logo ini juga berfungsi menjadi handle pembuka pintu bagasi lho.

Interior
Melongok ke interior, aura sporty langsung terasa. Mobil ini menggunakan jok model sport yang dibalut dengan bahan semi kulit berwarna coklat dan hitam, sayang joknya terasa keras. MG ZS dibekali dengan soft leather pada dasbor bagian atasnya.

Jumlah speaker-nya dan airbagnya ada 6. Setirnya sudah flat bottom dan dilengkapi dengan tombol pengatur audio dan sudah ada fitur cruise control. Mobil ini juga sudah dilengkapi dengan AC digital dan start stop button.

Head unitnya juga cukup keren karena sudah dapat dioperasikan dengan layar sentuh dan sudah mempunyai fitur apple car play, Bluetooth audio, usb, video dan lain-lain.

Duduk dibagian belakang mobil ini, saya merasa kurang nyaman. Mungkin karena jok belakangnya yang terlalu tipis dan keras. Meskipun begitu, leg roomnya sangat memadai.

Kepraktisan mobil ini juga cukup baik, jika volume bagasi dirasa kurang, kita dapat melipat jok belakangnya untuk menambah kapasitas volume bagasi.

Penasaran rasa berkendara mobil seharga Rp 289,8 juta ini? Tunggu review kami berikutnya.

[Gilang Budiman]

About Gilang Budiman 515 Articles
Organisation Experience Honda Civic Indonesia (2002) BMW CAR CLUB INDONESIA (2009-now) Mercedes Benz Club Indonesia (2014-now) Testing driver Ferrari F12, Bmw i8, Bentley, Lotus Elise, Lotus Exige, etc (2011-now) Auto bild magazine (2011 - 2015) Car Review, Otodriver, Car moto (2015-2016 ) Senior Editor aftermarketplus.id (2016-)
Contact: Website