Test Drive: Suzuki XL7, LSUV dengan Segudang Fitur

Foto; aftermarketplus.id

AFTERMARKETPLUS.id – Setelah diperkenalkan secara resmi di Indonesia di bulan Februari (15/2), New Suzuki XL7 langsung tancap gas. Kehadiran SUV terbaru PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) diterima dengan baik oleh konsumen Tanah Air, terbukti dalam rentang waktu tidak terlalu lama Surat Pemesanan Kendaraan (SPK) sudah tembus 2.001 unit.

Beruntung kami mendapat kesempatan untuk menjajal mobil ini di ajang Suzuki XL7 Media Test Drive ‘’Extraordinary Experience” (23-26/3). Kami bebas menentukan rute sendiri, dan Lembang menjadi tujuan utama kami.

Bagi anda yang telah mengenal merek Suzuki sejak lama, nama XL7 sebenarnya bukan nama yang asing di telinga, karena Suzuki pernah punya Suzuki escudo XL7 yang basisnya dari Suzuki grand vitara. Nah SUV 7-seater terbaru ini basisnya dari Suzuki Ertiga.

Baca juga: http://aftermarketplus.id/aktual/rumah-modifikasi-west-coast-customs-asal-amerika-serikat-turut-memodifikasi-digital-suzuki-xl7

Ada 3 pilihan varian yang dijual di Indonesia, yaitu Zeta, Beta dan varian tertinggi Alpha.

Penasaran? Yuk kita lihat mulai dari bagian:

EXTERIOR

Tampilan depan XL7 ini sudah menyiratkan sebuah mobil SUV, kesan modern dan gagah sudah terlihat dari penerapan desain grill, bumper, headlamp dan garis tegas pada kap mesin ditambah warna two tone color dan roof rail pada XL7 Alpha membuat mobil ini semakin berkarakter.

Platform Heartect mampu meningkatkan fitur keamanan dengan bodi yang lebih ringan dan kokoh serta irit bahan bakar. Suzuki XL7 memiliki dimensi panjang 4,450 mm, lebar 1,775 mm dan tinggi 1,710 mm. Komposisi ini terlihat pas saat dipadu dengan ban berukuran 195/60 R16.

Tampilan semakin sporty dengan lampu depan sudah LED dengan fitur auto on. Sayangnya foglamp masih menggunakan bohlam halogen biasa. Pada bagian samping, Sidekirt warna silver semakin menambah apik tampilan SUV ini.

Selanjutnya pada panel pintu bagian belakang, desain bumper lebih sporty namun untuk lampu belakang masih sama dengan Ertiga hanya lampu pada XL7 sudah LED.

INTERIOR

Berada di balik kemudi Suzuki XL7, Anda akan menemukan posisi duduk yang menyenangkan dengan busa jok yang empuk dan visibilitas yang cukup baik. Kursi pengemudi sudah dilengkapi dengan height adjuster untuk menaik-turunkan ketinggian kursi.

Stir yang dibalut kulit selain membuat nyaman digenggam juga menampilkan kesan mewah mobil ini. Sayangnya stir belum telescopic.

Layout dashboard masih sama dengan Suzuki Ertiga. Bedanya, Suzuki XL7 dasbor bernuansa warna hitam dipadu dengan aksen motif serat karbon membuat tampilan interior XL7 semakin sporty.

O ya, Suzuki XL7 Alpha ini dilengkapi dengan spion tengah nan cerdas, yaitu Smart e-Mirror. Bisa untuk merekam dengan memori 32 GB dan kamera ketika mundur.

Audio juga sudah lumayan mumpuni, head unit touchscreen 8 inci. Head unit ini dapat memutar berbagai source musik kekinian misal MP3, Bluetooth, Aux-In, hingga USB. AC juga sudah full digital, namun untuk pengaturan suhu dan blower masih analog.

Panel instrument juga terlihat sporty, dan informasi di MID lumayan lengkap. Selain bisa melihat konsumsi pemakaian rata-rata bbm juga bisa melihat pengukur torsi dan tenaga.

Baca juga: http://aftermarketplus.id/aktual/suzuki-indonesia-tawarkan-promo-menarik-pembelian-suzuki-xl7

Duduk pada kursi baris kedua XL7, dengan tinggi badan 172 cm legroom masih cukup luas, demikian juga dengan headroom. Duduk juga semakin nyaman dengan tersedianya armrest.

Sedangkan untuk kursi baris ketiga, idealnya hanya untuk anak-anak. Buat penumpang dewasa kurang nyaman. Namun pada kursi baris ketiga ini tetap aman karena terdapat seatbelt 3 titik serta headrest untuk dua penumpang belakang.

Bagasi XL7 ini lumayan luas, namun jika Anda ingin bagasi lebih luas lagi, kursi dapat dilipat rata.

SUV terbaru dari suzuki ini sudah dilengkapi dengan segudang fitur keselamatan, seperti ABS (Anti-lock Braking System), EBD (Electronic Brake-force Distribution, HHC (Hill Hold Control) dan ESP (Electronic Stability Programme) yang berfungsi membantu mobil tetap pada jalurnya.

MESIN

Melongok ke dapur pacu XL7, mobil ini mengusung mesin tipe K15B berbahan bakar bensin sama dengan Suzuki Ertiga, yaitu 1.500 cc 4 silinder yang menggerakkan roda depan serta menghasilkan tenaga 104,7 PS dan torsi 138 Nm.

LSUV jagoan terbaru dari Suzuki ini dibanderol mulai dari Rp 230 juta hingga Rp 267 juta On the Road Jabodetabek.

[MNR]

About pekik udi irianto 1448 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present