Test Drive: Suzuki XL7, SUV Senyaman Mobil MPV

Foto: aftermarketplus.id

AFTERMARKETPLUS.id – Sebelumnya kami sudah mengulas secara lengkap eksterior dan interior New Suzuki XL7. Nah, saatnya kini membahas rasa berkendara dari SUV terbaru Suzuki ini.

O ya, sengaja kami bawa New XL7 ini ke Lembang untuk menguji kemampuan mobil ini dengan berbagai kondisi jalan. Tak tanggung-tanggung, kami berangkat berlima dengan bagasi penuh.

Kami mulai saat masuk ke dalam ruang kabin New XL7, aura sporty dengan nuansa hitam dari interior langsung mengisyaratkan sebuah mobil SUV. Mobil ini menawarkan posisi duduk ergonomis dan jok empuk baik bagi pengendara maupun penumpang.

Ruang pandang luas layaknya mengendarai sebuah mobil MPV, setir yang sudah dibalut kulit nyaman digenggam. Asyiknya lagi pengaturan audio maupun telpon juga ada di kemudi.

Melirik ke panel instrumen XL7, informasi di layar MID menyajikan informasi yang cukup lengkap, selain bisa melihat pemakaian konsumsi rata-rata bbm juga bisa melihat pengukur torsi dan tenaga.

Tak perlu berlama-lama, lansung pencet tombol engine start mesin tipe K15B berbahan bakar bensin 1.500 cc 4 silinder yang menghasilkan tenaga 104,7 PS dan torsi 138 Nm langsung menyalak. Suara di dalam kabin terdengar halus berkat isolasi kabin new XL7 yang lumayan kedap.

Berjalan merayap menyusuri jalanan sempit dan berkelok di lereng gunung Tangkuban Perahu dengan 5 penumpang dan bagasi penuh, SUV terbaru Suzuki ini menyajikan kualitas pengendaraan yang apik.

Pengendalian dari XL7 masih baik, tidak terlalu limbung dan bantingannya juga masih sangat nyaman. Suspensi depan MCPherson Strut with Coil Spring dan suspensi belakang Torsion Beam with Coil Spring dari XL7 ini terasa lembut, serasa sedang membawa sebuah mobil MPV.

Baca juga: http://aftermarketplus.id/review/test-drive-suzuki-xl7-lsuv-dengan-segudang-fitur

Puas menyiksa XL7 di jalan sempit, berkelok, menanjak dan menurun, mobil kami arahkan ke jalan Provinsi di Subang. Suasana lalu lintas yang sepi dan lebar, XL7 kami geber dikecepatan sekitar 80 km/jam. Dan ketika pedal gas diinjak lebih dalam, mesin XL7 lumayan responsif serta dengan mudah mendahului kendaraan lain. Respons setir juga presisi membuat mengendarai XL7 semakin percaya diri.

Nah, ketika memasuki jalan tol, mobil ini sempat kami bejek sekitar 130 km/jam tanpa kesulitan, meskipun XL7 dengan muatan penuh. Kejutan lainnya, konsumsi BBM rata-rata di kisaran 13,2 km/l.

Bagi Anda yang suka mobil jenis SUV dengan kapasitas 7 orang penumpang, New Suzuki XL7 layak dipertimbangkan. Mobil ini selain sudah dibekali dengan segudang fitur terkini juga harganya sangat menggoda, yaitu di bawah Rp 300 jutaan.

[MNR]

About pekik udi irianto 1448 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present