MPV Jepang Rasa Sedan Eropa Entry Level

Foto: aftermarketplus.id

AFTERMARKETPLUS.id – Nah sekarang, kami akan mereview rasa berkendara dari Mazda 5. Duduk di bangku pengemudi cukup enak posisinya. Pandangan mata juga cukup luas tidak terhalang di pilar A seperti pada mobil jenis MPV merek lainnya.

BPPSayang kunci mobil belum menggunakan keyless. Masih menggunakan anak kunci. Setelah mesin mobil menyala, saya pun segera mencobanya. Akselerasinya cukup enak. Mesin skyactive dengan kapasitas 1.998 cc mampu menghasilkan torsi sebesar 190 Nm dan tenaga sebesar 151 dk.

Untuk menyalurkan tenaga mesin ke empat rodanya, Mazda menyematkan transmisi skyactive 6 percepatan. Alhasil mobil ini cukup irit konsumsi bahan bakarnya. Rute kombinasi, MID mencatatkan 13 liter bensin untuk jarak 1 km. Terdapat mode sport juga pada transmisinya.

BPPPLalu bagaimana dengan pengendaliannya? Untuk sebuah MPV, pengendaliannya sangat baik. Mobil seakan nurut diajak belok kemana saja meskipun kecepatan agak tinggi. Tapi dampaknya bantingan suspensi jadi terasa agak keras. Tapi masih cukup dalam batas toleransi.

Selain itu, karena bentuknya yang pipih, gejala body roll hampir tidak terasa. Sungguh enak menyetir MPV ini. Apa lagi jika menggunakan mode sport. Putaran mesin naik, dan cukup mudah untuk menyusul mobil lain.

Ada dua hal lagi yang saya suka. Pertama dengan diberikannya spion tengah berteknologi autodimmer. Saat menyetir malam, mata saya cukup terlindungi dari sinar sorot lampu mobil lain yang berada di belakang saya.

Kedua, spion samping Mazda 5 sudah dilengkapi dengan anti blindsport. Terdapat garis di spion. Sehingga saya semakin aman menyetirnya. Mengingat jalan Jakarta yang sangat padat, fitur itu cukup penting.

BPSayang mobil ini belum dilengkapi sensor parkir. Tapi terdapat kamera mundur. Dan kamera dibelakang ini bisa diaktifkan juga meskipun tuas transmisi tidak berada di posisi R. Menurut saya Mazda 5 merupakan mobil yang cocok untuk disetir sendiri.

Jika Anda mempunyai keluarga kecil, butuh mobil dengan pintu geser, fitur dan rasa berkendara mirip mirip sebuah sedan Eropa entry level, maka Anda bisa membeli Mazda 5. Selain itu harga yang di tawarkan Mazda juga cukup worth it, yaitu Rp 376 juta.

Menarik bukan?

[Gilang Budiman]