Ada Fuso Fighter, KTB Masih Tetap Akan Pasarkan Fuso FJ Series

Foto: aftermarketplus.id

AFTERMARKETPLUS.id – PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), agen pemegang merk kendaraan niaga bus dan truk Mitsubishi Fuso di Indonesia, menyatakan tetap akan memasarkan truk Mitsubishi Fuso FJ series yang diimpor dari BharatBenz, India, meskipun mulai tahun ini KTB menggenjot pemasaran truk medium duty baru, Mitsubishi Fuso Fighter.

Direktur Sales & Marketing PT KTB, Duljatmono di sela acara Truk Campaign di Pekanbaru, Jumat ((14/12/2018) mengatakan, pihaknya tetap akan menjual semua varian truk Fuso FJ series yang sebelumnya telah diperkenalkan dan diluncurkan ke pasar Indonesia. Truk Fuso FJ series akan tetap dipasarkan sebagai bagian dari strategi KTB memberikan konsumen lebih banyak pilihan varian truk Mitsubishi Fuso kepada konsumen di Indonesia.

“Untuk truk Fuso yang diimpor dari India kita sampai saat ini masih jual dan terus akan dipasarkan sebagai bagian dari varian Mitsubishi Fuso termasuk untuk tahun 2019 ini. Kita masih punya rencana itu,” ungkap Duljatmono.

Namun, karena saat ini KTB sudah memiliki seri terbaru truk Fuso yakni Fuso Fighter yang resmi diluncurkan di ajang pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 bulan Agustus lalu, maka saat ini dan ke depan, truk Fuso Fighter akan tampil lebih dominan di penjualan truk segmen medium duty dari KTB.

“Tapi memang untuk model Fuso yang sekarang, model Fighter, akan lebih dominan dari yang model Fuso dari India,” kata Duljatmono.

KTB resmi memperkenalkan dan meluncurkan seri truk Mitsubishi Fuso FJ series di tahun 2014. Model-model terbarunya diantaranya diluncurkan di ajang pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Truk New Fuso FJ series ini semula diposisikan menggantikan peran truk Fuso Ganjoo karena menyandang sejumlah pembaruan di teknologinya.

Teknologi serta mesin pada varian New Fuso FJ series ini diadaptasi dari produk Fuso yang telah dikembangkan Daimler di Eropa. Meskipun mengadopsi teknologi mesin dari Eropa, namun varian ini dapat beradaptasi dengan bahan bakar di masing-masing negara.

Varian New Fuso memiliki perbedaan yang cukup signifikan dibandingkan dengan varian Fuso Ganjoo yang sudah ada sebelumnya. Antara lain, desain kabin modern, serta mesin yang tangguh untuk menaklukkan jalan, New Fuso dapat memberikan keuntungan lebih bagi para pelaku bisnis.

Diantaranya, mesin diesel injeksi tipe 6S20 enam silinder 6.373 cc sudah commonrail Euro 3 serta dilengkapi dengan manajemen mesin electronic control unit (ECU) dan mengadopsi teknologi pengeremen full air dari Daimler, induk BharatBenz, perusahaan yang memproduksi Fuso FJ series.

KTB mengimpor truk Fuso FJ series dari pabrik BharatBenz di India. Beberapa varian Fuso FJ series yang dipasarkan KTB di Indonesia saat ini adalah FJ 2523, FJ2528, FJ 4×2, FJ 6×2 dan FJ 2528 R.

Fuso FJ2528 (6×4) antara lain diaplikasikan untuk truk mixer semen. Sementara Fuso FJ 2528 R diaplikasikan untuk truk tronton angkutan kargo jalan raya dengan volume muatan ekstra besar.

[MNR]

About pekik udi irianto 1004 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present