Chassis Bus Mercedes-Benz O500RS 1836 Diluncurkan, Incar Pasar Bus AKAP dan Pariwisata

Foto: aftermarketplus.id

AFTERMARKETPLUS.id – Selain meluncurkan chassis bus baru bermesin depan Mercedes-Benz OF 1623 RF untuk segmen transportasi jarak menengah, PT Daimler Commercial Vehicle Indonesia (DCVI) hari ini, Kamis (6/12/2018) juga meluncurkan chassis bus premium baru untuk segmen bus antarkota jarak jauh dan bus pariwisata (coach).

Chassis bus ini diluncurkan di ICE BSD City, Tangerang, di depan puluhan awak media yang dilanjurkan dengan prosesi peluncuran ke kalangan pengusaha angkutan bus.

Berbeda dengan chassis bus Mercedes-Benz OF 1623 RF yang masih menggunakan ladder frame dan suspensi per daun tipe parabolic, chassis bus Mercedes-Benz O500RS 1836 menggunakan chassis tipe tubular space frame. Chassis bus premium ini juga sudah menggunakan suspensi udara atau air suspension pada semua titik rodanya sehingga membuat perjalanan jauh menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

Adri Budiman, Deputy Director Bus & Van Sales Operation Commercial Vehicle PT DCVI di acara peluncuran mengatakan, Mercedes-Benz O500RS 1836 dihadirkan PT DCVI untuk menjawab kebutuhan transportasi jarak jauh di Indonesia yang semakin meningkat.

Peluncuran chassis ini dilakukan DCVI bekerjasama dengan perusahaan karoseri Laksana.

Chassis Mercedes-Benz O500RS 1836 sebenarnya pernah dipasarkan di Indonesia tahun 2013, namun kemudian dihentikan. Kini chassis ini kembali dipasarkan dengan sejumlah penyempurnaan pada spesifikasinya sesuai hasil masukan dari kalangan pengusaha bus di Indonesia.

Diantaranya, penggunaan suspensi rigid pada axle depan dan belakang untuk membuat kaki-kaki bus ini lebih bandel dan tahan banting saat melintasi medan rusak. Selain itu, radiator yang sebelumnya menghadap ke samping kini diubah menghadap ke belakang.

Penyempurnaan lainnya dilakukan pada transmisi yang kini menggunakan transmisi terbaru tipe MB G-210 yang disebut menghasilkan torsi yang lebih tinggi dari transmisi generasi sebelumnya dan membuat bus ini lebih tangguh sehingga cocok dioperasikan untuk transportasi jarak jauh dan industri pariwisata di Indonesia.

Mercedes-Benz O500RS 1836 menyandang mesin OM 457 LA (Euro 3) yang lebih bertenaga serta sudah mengadopsi sejumlah fitur premium seperti cruise control, sistem pengereman canggih yang mengintegrasikan disc brake, Anti-lock Breaking System (ABS) di seluruh roda dan Anti-Skid Regulation (ASR) serta retarder.

“Mercedes-Benz O500RS 1836 lebih lengkap dengan hadirnya beberapa fitur pengereman dan suspensi canggih untuk segmen bus premium. Chassis versi terbaru merupakan pengembangan dari model bus premium yang telah digunakan oleh para pelanggan dan penumpang bus Mercedes-Benz di Indonesia,” ungkap Markus Villinger, Presiden Direktur dan CEO DCVI.

Sama seperti chassis OF 1623, saat acara peluncuran PT DCVI belum meyebut berapa harga jual untuk chassis Mercedes-Benz O500RS 1836 terbaru ini. “Kita belum bisa sebutkan angka-angka nominalnya,” ujar Adri Budiman.

[MNR]

About pekik udi irianto 990 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present