First Drive UD Trucks Quester CWE280 WB6100 : Semudah dan Senyaman Mengemudikan Mobil Penumpang

Foto: aftermarketplus.id

AFTERMARKETPLUS.id – Di acara UD Trucks  truk Quester yang digelar di Palembang (5/7) kami diberikan kesempatan untuk menjajal secara langsung UD Trucks Quester, heavy-duty truck yang didesain khusus untuk negara berkembang di Asia.

Ada 3 varian unit Quester yang siap dicoba, yaitu CDE250 WB5600, CWE280 WB6100 dan CWE280 WB4300.

Kami penasaran dengan varian CWE280 WB6100, model truk 6×4 yang di design untuk angkutan Crane membawa pipa-pipa untuk pengeboran minyak, angkutan kayu industri ke pabrik atau pelabuhan dan amgkutan alat berat seperti excavator supporting ke lokasi konstruksi.

QQ2

Tampilan eksterior yang terlihat garang, gagah dan tangguh, membuat penulis penasaran untuk segera masuk kedalam kabin Quester CWE280 WB6100. Karena lumayan tinggi, tersedia dua pijakan kaki dan dua pegangan tangan untuk memudahkan pengemudi masuk kedalamnya.

Ruang kabin yang lega, posisi duduk yang nyaman karena jok bisa disetel maju mundur dan naik turun menyesuaikan postur kita, setir juga sudah Tilt & Telescopic, fitur deteksi pencurian minyak dan fitur cara mengemudi driver menjadi nilai lebih buat truk ini.

Selain itu, duduk di dalam kabin Quester CWE280 WB6100 serasa duduk di mobil penumpang, hembusan AC yang adem membuat pengemudi semakin dimanjakan dan tidak cepat lelah.

Peredaman yang cukup baik, membuat kabin lumayan hening ketika mesin dengan kemampuan 280 hp serta torsi 1050 nm dengan kecepatan variasi kapasitas 9 kecepatan kami hidupkan.

Dari faktor keamanan, system pengereman angin memberikan kemampuan daya pengereman yang lebih baik. Ditambah dengan dukungan rangka sassis 8 mm dilengkapi liner 5 mm memberikan kemampuan daya dukung terhadap beban muatan yang lebih banyak.

QQ4

Sayangnya karena trek test drive yang pendek, kami hanya bisa bermain di gigi 1 dan 2, belum bisa merasakan penuh kemampuan dari heavy –duty truck ini.

Yang cukup mengejutkan, mengemudikan Quester CWE280 WB6100 serasa membawa mobil penumpang, cukup mudah dan hanya perlu adaptasi sebentar.

Nah, bagaimana dengan konsumsi bahan bakarnya?, menurut Eddy Subagio, Product & Engineering Dept. Head mengatakan, dalam keadaan kosong Quester konsumsi bbm nya sekitar 7 km/liter dan dalam keadaan mengangkut beban penuh sekitar 4 km/liter.

“Tentu semua itu juga sangat tergantung dari cara sopir mengemudikan truknya, kalau mengikuti fitur Cara Mengemudi Driver pasti bisa lebih irit,” imbuh Eddy.
[MNR]

About pekik udi irianto 935 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present