KTB DONASIKAN KENDARAAN UNTUK KEGIATAN PRATIKUM SISWA SMK

Foto: Istimewa

TANGERANG, AFTERMARKETPLUS – PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) Authorized distributor dari Mitsubishi Fuso Truck & Bus Corporation (MFTBC), pada tanggal 16 Agustus 2017 mencanangkan program Tanggung Jawab Sosial atau yang dikenal sebagai Corporate Social Responsibility (CSR), dalam bidang pendidikan, yaitu Fuso Vocational Education Program.

“Fuso Vocational Education Program” merupakan kelanjutan dari program pendidikan sebelumnya, yang dalam program ini, KTB mendonasikan kendaraan sebagai bahan ajar untuk kegiatan praktikum dan pembelajaran siswa, memberikan pelatihan otomotif bersertifikat bagi para siswa dan guru Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Dikemas dengan program yang berbeda, pelatihan ini diadakan di Training Center KTB, Krama Yudha Tiga Berlian Motors Training Center (KRTC) dan di sekolah.

Untuk melengkapi pelatihan ini, KTB juga mendatangkan Mobile Workshop atau “Bengkel Berjalan” ke sekolah, sebagai sarana praktek otomotif siswa di sekolah selama training.

Program ini bertujuan untuk membantu meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, melalui kualitas sumber daya manusia dan sarana belajar. Hal ini sejalan dengan program Revitalisasi SMK yang dicanangkan oleh pemerintah pada bulan Mei 2017.

Di tahun 2017 merupakan tahun ke-empat bagi KTB melaksanakan program CSR yang ditujukan untuk SMK.

Sebelumnya KTB telah mendonasikan 30 unit kendaraan untuk pendidikan, 27 unit kendaraan untuk SMK dan 3 unit kendaraan untuk Universitas.

Dalam pelatihan otomotif yang diberikan, para siswa dan guru akan mendapatkan pelatihan basic automobile atau F-STEP 1, yang mempelajari tentang pengetahuan dasar otomotif, yang meliputi sistem diesel, sistem bahan bakar, sistem kelistrikan, sistem power-train, chassis dan sebagainya.

F-STEP singkatan dari Fuso Service Technician Education Program, merupakan suatu program pendidikan wajib bagi mekanik Mitsubishi Fuso di seluruh dunia.

Atsushi Kurita, Presiden Direktur KTB mengatakan, “Fuso Vocational Education Program, didasari atas kepedulian untuk terus memberikan kontribusi bagi sektor pendidikan, yang kami percaya, ini merupakan hal penting untuk membangun negara. Saya juga merasa terhormat dapat mencanangkan program ini secara simbolis, sekaligus untuk merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-72, karena KTB telah menjadi bagian dari masyarakat Indonesia sejak dulu dan akan terus berlanjut hingga dimasa depan.” [AKR]