Lama Vakum, Mercedes-Benz Akhirnya Luncurkan Bus Baru Bermesin Depan Hari Ini

Foto: aftermarketplus.id

AFTERMARKETPLUS.id – Setelah cukup lama vakum, hingga lebih dari 20 tahun, Daimler akhirnya kembali merilis bus baru bermesin depan di pasar Indonesia, hari ini, Kamis (6/12/2018) di ICE BSD City, Tangerang.

Bus baru mesin depan yang diluncurkan ini adalah Mercedes-Benz OF 1623 RF, dan diluncurkan bersamaan dengan peluncuran bus baru segmen premium bermesin belakang O500RS 1836.

Mercedes-Benz OF 1623 RF merupakan gebrakan baru PT Daimler Commercial Vehicle Indonesia (DCVI) setelah sempat memperkenalkan bus ini di ajang pameran kendaraan komersial GIICOMVEC bulan Maret 2018 lalu di JCC Senayan, Jakarta.

Mercedes-Benz OF 1623 RF juga sekaligus jawaban permintaan pengusaha bus agar Mercedes-Benz kembali memasarkan bus besar bermesin depan setelah terakhir kali mereka merilis bus besar mesin depan OF 1113 yang armadanya antara lain banyak digunakan oleh Perum Damri dan sejumlah perusahaan otobus di Pulau Jawa.

Adri Budiman, Deputy Director Bus & Van Sales Operation Commercial Vehicle PT DCVI di acara peluncuran mengatakan, peluncuran bus Mercedes-Benz OF 1623 RF juga sebagai respon Daimler atas tren di sektor infrastruktur jalan raya yang kini semakin membaik di Indonesia.

“Mercedes-Benz OF 1623 RF merupakan simbol kembalinya bus Mercedes-Benz bermesin depan di Indonesia setelah lebih dari 20 tahun, yang menjadi jawaban untuk memenuhi kebutuhan pasar pada segmen ini,” ungkap Adri Budiman.

Mercedes-Benz OF 1623 RFmengguakan mesin OM 906 LA Euro 3 bertenaga 230 horse power yang legendaris. Setelah dikaroseri, chassis Mercedes-Benz OF 1623 bisa memiliki panjang kabin hingga maksimum 12 meter sesuai regulasi yang berlaku.

Untuk memberikan keamanan dan kenyamanan maksimal kepada penumpang dan pengemudi, Mercedes-Benz OF 1623 RF dilengkapi dengan berbagai fitur keamanan eksklusif dari Mercedes-Benz seperti full air brake system, rem tambahan exhaust brake serta open throttle valve. Mercedes-Benz OF 1623 RF juga sudah dilengkapi dengan stabilizer pada bagian roda depan maupun roda belakang.

Sementara, untuk suspensinya sudah menggunakan suspensi tipe parabolic spring memberikan kenyaman maksimal bagi penumpang dan pengemudi.

Mesin ini setipe dengan mesin yang dipasang di chassis bus Mercedes-Benz OH 1526 dan OH 1525 yang produknya luas dipakai pengusaha angkutan bus. Mesin OM 906 LA (Euro 3) terbukti mampu dioperasikan untuk armada transportasi antarkota dan sukses menempuh jarak hingga 1 juta kilometer tanpa turun mesin seperti dibuktikan oleh sejumlah perusahaan otobus di Tanah Air. Hal inilah yang membuat DCVI yakin, Mercedes-Benz OF 1623 RF akan diterima dengan baik oleh pengusaha transportasi.

“Untuk chassis tipe ini kita membidik segmen transportasi jarak menengah,” ungkap Adri Budiman. Namun untuk saat ini Adri Budiman belum bersedia menyebutkan soal harga jual chassis ini di pasar Indonesia. “Yang pasti akan bersaing,” ungkapnya.

[MNR]

About pekik udi irianto 990 Articles
1. Otomotif Tabloid, PT Dunia Otomotifindo - Group of Magazine as Photographer from May 2, 1994 to June 14, 2001 2. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photographer from June 15, 2001 to December 31, 2001 3. Otosport Tabloid, Automotive Media Supporting Unit, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2002 to December 31, 2002 4. Otosport Tabloid, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2003 to April 5, 2003 5. Auto Bild Magazine, PT Penerbit Media Motorindo - Group of Magazine as Photo Editor from May 6, 2003 to December 31, 2008 6. Photographic Section, Auto Bild Editorial Department, Automotif Media, Publishing II Division, PT Infometro Mediatama - Group of Magazine as Photo Editor from January 1, 2009 to October 31, 2014 7. aftermarketplus.id as Editor in Chief from August 2, 2015 to present